Bupati Beberkan Keberhasilan Kabupaten Sumbawa di HUT ke 64 Tahun

Pemerintahan122 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa ke-64, digelar pada Minggu (22/1) di halaman Kantor Bupati Sumbawa. Dalam upacara tersebut, Bupati H Mahmud Abdullah membeberkan berbagai keberhasilan yang diraih daerah.

HUT Kabupaten Sumbawa tahun ini mengangkat tema “Bangkit dengan Gemilang, Bersama dalam Keberadaban”. Tema tersebut selaras dengan berbagai capaian pembangunan yang berhasil diraih Kabupaten Sumbawa. Bupati mengungkap, dalam hal manajemen ASN, Kabupaten Sumbawa berhasil meraih Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara dengan kategori baik. Selanjutnya dalam ikhtiar membangun ekosistem industri halal, saat ini Pemerintah Kabupaten Sumbawa sedang melakukan terobosan yang sistemik melalui pembentukan Halal Center Kabupaten Sumbawa.

Kemudian berdasarkan hasil verifikasi Tim Provinsi NTB, pada tahun 2022 Kabupaten Sumbawa telah dinyatakan tuntas pilar 2, 3, 4, dan 5 STBM dengan predikat baik. Pencapaian ini berhasil mengantarkan Kabupaten Sumbawa menerima STBM Award dari Menteri Kesehatan.

Kemudian dalam ikhtiar percepatan penurunan stunting, pada tahun 2022 Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih penghargaan terbaik 1 tingkat Provinsi NTB. Kabupaten Sumbawa juga berhasil mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama tahun 2022. Dalam hal keterbukaan informasi publik, pada tahun 2022 Kabupaten Sumbawa berhasil meraih predikat sebagai badan publik informatif berdasarkan hasil evaluasi Komisi Informasi Provinsi NTB.

Selanjutnya pada awal tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sumbawa juga telah menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Kesehatan RI. UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan untuk memastikan setiap warga memiliki akses kesehatan yang adil dan bermutu, serta perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan, dengan hanya membawa KTP atau Kartu Keluarga.

Disebutkan Bupati, berbagai program strategis lainnya juga bergerak simultan sesuai Visi-Misi “Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban”. Dimana 10 program unggulan daerah juga sudah mulai terealisasi sejak tahun 2021 dan terus berproses hingga saat ini.

Selain memacu program unggulan di berbagai sektor, di tahun 2023 ini berbagai agenda pembangunan dan investasi berskala besar juga sedang diikhtiarkan. Groundbreaking pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong telah dilaksanakan. Begitu juga mimpi untuk menghadirkan pusat pertumbuhan baru di kawasan Samota terus diupayakan dengan menghadirkan event internasional MXGP Samota 2022 dan MXGP Samota 2023.

Pada kesempatan itu, Bupati Sumbawa bertindak sebagai Inspektur Upacara. Hadir di antaranya, Pejabat yang mewakili Gubernur NTB, Wakil Bupati Sumbawa, Sultan Muhammad Kaharuddin IV, Anggota DPR RI, Hakim Agung, Pejabat Kementerian, Anggota DPRD Provinsi NTB, Bupati/Walikota se-Provinsi NTB, Bupati Sumbawa periode sebelumnya, Kepala Perangkat Daerah Provinsi NTB, Anggota Forkopimda Kabupaten Sumbawa, Pejabat Pemerintah Kabupaten Sumbawa, pimpinan perusahaan, pimpinan perbankan, para tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan Kepala Desa se- Kabupaten Sumbawa. Balutan busana adat Sumbawa yang dikenakan para tamu undangan mewarnai perhelatan upacara peringatan HUT ke-64 Kabupaten Sumbawa. (msr)

Komentar