Pengurus Kopeda Sumbawa Diminta Aktif Memajukan Koperasi

Pemerintahan161 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, membuka kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Republik Indonesia Koperasi Pegawai Daerah (KPRI Kopeda) Kabupaten Sumbawa pada Selasa (17/1), di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Dalam sambutannya, Wabup meminta kepada pengurus agar kinerja positif yang telah dijalankan KPRI Kopeda selama ini dapat terus ditingkatkan, sehingga nantinya keberadaan KPRI Kopeda Kabupaten Sumbawa mampu menunjang kesejahteraan masyarakat, khususnya para anggota koperasi itu sendiri. ‘’Saya ingin tekankan bahwa kemajuan sebuah koperasi bukan hanya ditentukan oleh jajaran pengurus, tetapi secara bersama-sama, pengurus, badan pengawas, dan seluruh anggota harus proaktif dalam memajukan koperasi,’’ ujar Wabup.

Diungkapkan, jumlah anggota KPRI Kopeda sampai akhir tahun buku 2022 berjumlah 680 orang. Terjadi penurunan jumlah pada tahun 2021 lalu, dari yang sebelumnya sebanyak 695 orang. Artinya ada berkurang sebanyak 15 orang. ‘’Perubahan ini terjadi karena adanya anggota yang memasuki masa pensiun serta pindah tugas,’’ terangnya.

Wabup juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih serta ucapan selamat kepada segenap pengurus dan anggota KPRI Kopeda Kabupaten Sumbawa yang sudah menyelenggarakan rapat anggota tahunan tersebut. Melalui aktivitas koperasi ini, selain untuk meningkatkan ekonomi para anggotanya, juga sebagai wadah transformasi semangat gotong-royong, yang pada gilirannya nanti diharapkan mampu meningkatkan ketahanan ekonomi rakyat. “Insya Allah dengan ketahanan ekonomi rakyat yang kokoh, kita akan mampu membentengi perekonomian daerah dan bangsa kita dari berbagai tekanan krisis ekonomi dan keuangan,’’ tukasnya.

Rapat Anggota Tahunan merupakan sarana pertanggungjawaban pengurus, sekaligus wadah bagi anggota untuk menilai dan mengoreksi jalannya roda koperasi Kopeda. Laporan pertanggungjawaban kali ini merupakan laporan perdana kepengurusan dari periode kepengurusan tahun 2021-2025 yang terpilih pada RAT tahun 2021 lalu, hal ini disampaikan oleh Ketua Pengurus Kopeda Sumbawa – H Hasan Basri. Kegiatan ini dihadiri pula para Pengurus Kopeda, serta para Dewan Pengawas Kopeda Kabupaten Sumbawa. (msg)

Komentar