Cegah Stunting, Dinas P2KBP3A Sumbawa Terus Lakukan Pendampingan

Pemerintahan133 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Sumbawa terus berupaya untuk mencegah munculnya kasus stunting. Salah satunya dengan terus menjalankan  program pendampingan.

Kepala DP2KBP3A Kabupaten Sumbawa, Jannatulfalah kepada wartawan Kamis, (1/12) menyampaikan, untuk menanggulangi munculnya kasus stunting, pihaknya akan terus melaksanakan program pencegahan. Seperti layanan kependudukan, pendampingan, deteksi dini, sosialisasi dan edukasi pencegahan stunting. “DP2KBP3A Kabupaten Sumbawa terus menjalankan program pendampingan pada ibu hamil, yang dilakukan kader dan sub kader keluarga berencana serta penyuluh, dengan sasaran masyarakat di setiap desa,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Kadis, peran kader dan sub kader keluarga berencana serta penyuluh, terus dimaksimalkan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penyebab dan penanganan stunting serta peningkatan ketahanan keluarga. “Kami juga memperkuat pendampingan pasangan mau menikah, pasangan usia subur dan ibu hamil serta pasangan yang memiliki bayi di bawah dua tahun,” jelasnya.

Ia berharap kepada semua elemen masyarakat untuk memberikan informasi apabila mengetahui adanya stunting, dengan begitu pihaknya akan segera bergerak melakukan pencegahan dan pendampingan kepada masyarakat sehingga terjadinya stunting bisa dicegah lebih dini. (msr)

Komentar