Pelantikan Kades Terpilih Diperkirakan Desember Mendatang

Pemerintahan139 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemungutan suara Pilkades serentak pada 20 desa di Sumbawa telah dilaksanakan. Calon Kades dengan suara terbanyak pun telah ditetapkan oleh panitia Pilkades di masing masing desa. Diperkirakan para kades terpilih tersebut akan dilantik pada Desember mendatang.

Kepala Dinas PMD Sumbawa, Rachman Ansori didampingi Kabid Pemerintahan Desa, Anhuyas, Kamis (10/11) mengatakan, secara umum pelaksanaan Pilkades pada 20 desa berjalan lancar aman dan kondusif. Termasuk Pilkades Batu Bangka Kecamatan Moyo Hilir. Meski sempat ada keberatan beberapa warga yang namanya tidak masuk dalam DPT, namun hal ini pun telah direspons oleh Camat dan Pemkab Sumbawa.

“Kami sudah bertemu dengan Sekretaris Panitia Pilkades. Surat keberatan warga kepada Camat yang diteruskan ke Kami di Kabupaten pun langsung disikapi dengan mengadakan pertemuan di Kantor Bupati. Hasil rapat, panitia sudah melaksanakan tugasnya sesuai tahapan dan aturan perundang undangan terkait Pilkades. Kalau warga masih keberatan, maka hasil rapat menyarankan agar menempuh proses hukum,” terang Anhuyas.

Tahapan Pilkades juga terus berjalan. Penetapan calon dengan suara terbanyak pun telah ditetapkan di tingkat Panitia Pilkades masing masing desa. Selanjutnya Panitia Pilkades melaporkannya ke BPD. Setelah itu, BPD yang akan melaporkan ke Bupati melalui Camat. “Targetnya tuntas, hingga pelantikan Kades terpilih pada Desember mendatang. Berdasarkan tahapan yang telah ditentukan,”kata Anhuyas.

Atas nama Bupati dan Wakil Bupati, Kadis PMD menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas partisipasinya selama proses Pilkades. Termasuk upaya bersama sama menjaga Pilkades yang aman damai dan kondusif. (msr)

Komentar