Dewan Minta Bupati Sumbawa Segera Tunjuk Kepala OPD Defintif Hasil Pansel

Pemerintahan230 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemkab Sumbawa sudah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menunjuk salah satu pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sebelumnya dilakukan seleksi.

OPD yang di Panselkan tersebut diantaranya Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Sumbawa, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumbawa, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumbawa.

Terhadap hal ini, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq meminta kepada Bupati Sumbawa untuk segera menunjuk pimpinan OPD defintif. Karena dua dari tiga OPD tersebut merupakan OPD vital yang mengurus pembahasan dan perencanaan pembangunan serta keuangan daerah.

“Saya berharap kepada pemerintah daerah untuk berusaha mengisi dua OPD (BPKAD dan Bappeda) yang lowong tersebut. Walaupun dalam aturan itu tidak atur harus kepala definitif yang ikut terlibat pembahasan, tapi eloknya, karena ini hampir dua kali APBD. APBD kemarin kan masih Plt. Kita gak mau nanti di APBD murni 2023 ini ada Plt di dua badan itu,” ujarnya kepada wartawan, Jum’at (04/11/22).

Dijelaskan Rafiq-akrabnya disapa, terlebih Pemkab Sumbawa sudah mengantongi izin dari KASN. Sehingga penunjukan salah satu nama dari tiga calon sudah dapat dilakukan untuk menjadi kepala OPD definitif. Kemudian dalam pertengahan November ini juga akan ada jadwal pembahasan, karena pihaknya sudah menerima Rancangan APBD 2023 mendatang.

“Jika sudah ada hasilnya dan sangat bijak kami meminta kepada Bupati Sumbawa untuk segera siapa yang mengisi kedua OPD tersebut. Karena RAPBD sudah kami terima, dan rencana dilakukan pembahasan di pertengahan bulan November ini. Sehingga direntan waktu itu eloknya harus sudah ada kepala badan yang definitif,” pungkasnya. (msr)

Komentar