Bupati Sumbawa Terima Penghargaan Kemenkeu Atas Raihan WTP

Pemerintahan307 views

Sumbawa, Mediasumbawa.com- Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan (Kamis, 21/9/2022).  Bupati Sumbawa hadir secara langsung untuk menerima penghargaan sebagai salah satu Kabupaten yang memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10x berturut-turut atas penilaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2012-2021.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, Hadiyanto dalam laporannya menyampaikan tema Rakernas tahun 2022 ini yaitu Memgawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

“Kemenkeu senantiasa berusaha menjaga dan meningkatkan esensi serta kualitas penyelenggaraan Rakernas akuntansi dari tahun ke tahun, antara lain mengangkat tema aspek akuntabilitas kinerja,” ujarnya. Lebih lanjut Hadiyanto mengungkapkan, Rakernas akuntansi tahun 2022 ini ditujukan untuk memberikan apresiasi atas perolehan Opini WTP dari BPK kepada Kementerian Keuangan, Lembaga dan Pemerintah Daerah.

“Puncak acara dilaksanakan secara hybrid yang hadir secara fisik dan mengikuti secara daring. Dapat Kami laporkan bahwa untuk acara puncak hari ini terdiri dari dua agenda, pertama penyerahan penghargaan kepada Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk kategori 15 kali WTP, 10 kali WTP, 5 kali WTP atau lebih, dan WTP atas laporan keuangan tahun 2021 secara simbolis,” tutupnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati menilai Indonesia lebih baik dari negara di ASEAN dan bahkan negara G20 sekalipun. Pernyataan ini berdasarkan prestasi yang dicapai Indonesia pasca pandemi. “Kita termasuk negara dari sedikit negara yang pada tahun 2021 ekonominya melewati masa pre-pandemic, bahkan pertengahan tahun, itu luar biasa,” kata Sri Mulyani.

Lebih lanjut Sri Mulyani menjelaskan bahwa banyak negara ASEAN, G20, atau negara lain di luar negara G20 atau ASEAN banyak yang sampai hari ini belum mencapai atau pulih ekonominya melewati kondisi pre-pandemi. Prestasi ini, sambungnya, tak terlepas dari peran dari Kementerian dan Lembaga, serta para Kepala Daerah dalam mengelola anggaran yang didapatkannya sehingga mampu mendorong tingkat pertumbuhan ekonomi nasional.

Bupati Sumbawa menyampaikan apresiasi yang kepada seluruh pihak yang telah berusaha semaksimal mungkin dalam mempertahankan predikat WTP ini. “Alhamdulillah, predikat WTP ini harus terus kita pertahankan, perbaikan pengelolaan pelaporan keuangan terus kita tingkatkan. Mari jadikan capaian ini sebagai pemicu agar kita melakukan pengelolaan keuangan dengan penuh tanggung jawab, akuntabel dan transparan yang muaranya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat” imbuhnya

Turut hadir dalam acara ini, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, SE, M.Sc, Ph.D, Ketua Komisi Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung, para Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Dirjen Perbendaharaan, para Gubernur serta Bupati/Walikota peraih WTP dengan kategori tertentu.(msx/*)

Komentar