Masyarakat Diberi Pemahaman Cara Pengelolaan Pangan yang Baik

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dinas Kesehatan Sumbawa menggelar Pertemuan Komunikasi Informasi Dan Edukasi (KIE) Pangan dan Obat, dengan tema “Generasi Cerdas Menuju Sumbawa Sehat”. Kegiatan yang terlaksana Kamis (18/8), di Aula Hotel Dewi Sumbawa, dihadiri Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, para Nlnarasumber dan peserta KIE, serta lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa – Junaedi menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman cara pengelolaan pangan yang baik dan meningkatkan pemahaman lansia menjaga keamanan pangan.

Menurutnya, keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan tiga cemaran, yaitu cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi.

Selanjutnya, lansia menjadi bagian penting yang harus ditingkatkan peranannya mengingat budaya lokal, kadang di beberapa lansia ikut berperan mengasuh cucu-cucu dan menjadi bagian yang menyiapkan dan memberikan makanan dan minuman bagi generasi bangsa, dikarenakan orang tua yang bekerja. Program Nasional Stunting menjadi model yang diharapkan dalam penuntasan kasus Gizi di Indonesia yang mendapat perhatian serius olegh pemerintah dalam mewujudkan generasi yang tumbuh kembang dengan baik.

Sementara, Wabup mengatakan, salah satu penyebab penyakit pada masyarakat adalah kurang terjaminnya keamanan pangan yang dikonsumsi. Dan 5 Kunci Keamanan Pangan untuk Keluarga adalah prinsip dasar untuk penerapan keamanan pangan yang dapat digunakan untuk tindakan pencegahan keracunan pangan, yaitu beli pangan yang aman, simpan pangan secara aman, siapkan pangan secara seksama, sajikan pangan secara aman, dan bersih selalu.

Wabup menyarankan jika membeli pangan perhatikan Kondisi penjualnya apakah sudah bersih, tidak sakit, tidak merokok dan lainnya, tempat (lokasi) pembelian apakah sudah bersih, jauh dari tempat pembuangan sampah, serta beli secukupnya sesuai kebutuhan dan disesuaikan dengan kapasitas tempat penyimpanan di rumah. (msg)

Komentar