50 Desa Sudah Serahkan Laporan BLT DD Triwulan Pertama

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa mencatat sebanyak 157 desa telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahun 2022 selama tiga bulan atau pada Triwulan I (Januari, Februari dan Maret).

Dari seluruh desa yang telah menyalurkan BLT DD tersebut, sebanyak 50 desa diantaranya sudah menyampaikan laporan pertanggungjawaban (Lpj) realisasi ke DPMD Sumbawa.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Anhuyas kepada wartawan, Senin (11/4). “Ada sekitar 50 an desa yang sudah melaporkan terkait BLT DD bulan 1, bulan 2 dan bulan 3,” ungkapnya.

Diterangkan Ucas-akrabnya disapa, Lpj yang disampaikan ini nantinya akan menjadi dasar rekomendasi untuk penyaluran BLT DD triwulan ke dua, yakni bulan April, Mei dan Juni. “Kalau belum tersampaikan laporan atau belum direkam di aplikasi omspan itu belum bisa kita rekomendasikan untuk penyaluran ditriwulan keduanya,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk sekitar 50 desa yang sudah menyampaikan laporan akan direkomendasikan penyaluran BLT DD triwulan kedua. Sementara bagi desa yang belum, diharapkan segera menyampaikan laporan agar segera diberikan rekomendasi. “Jadi kami berharap bagi desa yang belum menyampailan laporan realisasi triwulan I, untuk segera menyelesaikan. Pencairannya ini langsung per tiga bulan dengan nilai Rp 300 per KPM (Keluarga Penerima Manfaat),” pungkasnya. (msr)

Komentar