Bedah Persoalan MXGP melalui Bincang Gemilang “Road to MXGP Samota Sumbawa”

Pemerintahan325 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Perhelatan seri kejuaraan dunia Motocross (MXGP) telah dijadwalkan. Dimana sumbawa dipercaya menjadi tuan rumah salah satu seri MXGP. Seperti apa kesiapan Sumbawa, menghadapi kejuaran tersebut. Banyak hal yang patut menjadi perhatian bersama demi suksesnya acara tersebut. Bincang Gemilang ‘’Road To MXGP Samota Sumbawa’’ coba membedah berbagai hal mengenai MXGP. Rabu (30/3/2022) di istana Dalam Loka Sumbawa Besar

Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany, S.Pd, M.Pd berkesempatan menjadi pembicara pada kegiatan Bincang Gemilang “Road to MXGP Samota Sumbawa” yang merupakan rangkaian dari kegiatan rapat koordinasi Dinas Kominfotik se- Propinsi NTB. Kegiatan ini dilaksanakan di pelataran Istana Dalam Loka dengan menghadirkan beberapa pembicara lainnya yaitu Wakil Ketua I DPRD Kab. Sumbawa – Drs. Mohammad Ansori dan juga Kapolres Sumbawa – AKBP Esty Setyo Nugroho, S.IK.

Wakil Bupati memaparkan beberapa kesiapan-kesiapan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam menyukseskan ajang internasional motor cross di kawasan Samota diantaranya mempersiapkan lokasi pelaksanaan event, mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung, mempersiapkan event pendukung, serta mempersiapkan para pelaku ekonomi kreatif untuk terlibat dan berperan aktif kedepannya.

Secara teknis, wakil bupati juga menjelaskan beberapa langkah strategis yang dilakukan menjelang gelaran MXGP SAMOTA 2022 mendatang diantaranya menyiapkan venue MXGP di lokasi yang sebelumnya telah dipilih, menyiapkan fasilitas pendukung seperti keberadaan bandara, Pelabuhan Badas, Terminal Sumer Payung, termasuk jaringan internet, air listrik, penerangan lampu jalan, lokasi parkir, serta camping ground.

Lebih lanjut, wabup menyampaikan pada saat ini untuk menarik orang agar berkunjung dan menyaksikan MXGP SAMOTA 2022, pemerintah tengah menyiapkan serangkaian agenda wisata baik itu pra-event dan pasca event. Bahkan pemerintah kabupaten tengah menyiapkan keterlibatan tenaga kerja lokal untuk ikut berpartisipasi menjadi bagian marshal dan petugas admin.

Ditempat yang sama, wakil ketua DRPD Mohammad Anshori menyampaikan secara kelembagaan pihak legislatif sangat mendukung kelancaran dan suksesnya acara ini. Secara pribadi, sebagai wakil rakyat – bahwa pihak eksekutif dalam hal ini pemerintah daerah dapat menyelesaikan seluruh rencana kegiatan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Bahkan pihak legislatif sangat mengapresiasi bila nantinya diperlukan persetujuan kebutuhan anggaran untuk dibahas bersama-sama karena pada akhirnya kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Sejalan dengan penyampaian kedua pemateri lainnya, Kapolres Sumbawa KBP Esty Setyo Nugroho, S.IK. menekankan kepada upaya dan ikhtiar apa yang harus dilakukan selanjutnya setelah Samota dipilih menjadi lokasi pelaksanan MXGP 2022 bukan semata-mata pada apa yang akan didapatkan nantinya. Menurutnya, untuk mendapatkan benefit langsung dari pelaksanaan MXGP nanti perlu dilakukan beberapa upaya termasuk salah satunya menjaga kondisi kamtibmas karwna sebuah evebt tidak akan mungkin dilakukan apabila didaerah tersebut terdapat gangguan kamtibmas. Oleh karenanya, pihak kepolisian akan siap mendukung pemerintah daerah untuk menjaga kamtibmas demi suksesnya gelaran MXGP SAMOTA 2022 pada bulan Juni mendatang.

Menutup seluruh rangkaian acara, wabup memberikan closing statement yang menekankan bahwa hasil diskusi pada kegiatan kali ini akan menjadi masukan dan catatan khusus bagi pemerintah daerah dalam rangka memaksimalkan persiapan dan pelaksanaan MXGP nantinya.

“Memang tidak mudah untuk memuaskan semua pihak, tetapi dengan niatan dan kerja sama semua pihak InsyaAllah apabyang menjadi tantangan akan kita selesaikan dengan baik”, pungkasnya.

#Bangun Spirit dan Solidaritas

Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, S. Sos., MM., mengatakan bahwa Talk Show Bincang Gemilang edisi Road To MXGP Samota-Sumbawa NTB, dilaksanakan untuk membangkitkan spirit dan semangat serta solidaritas kebersamaan untuk menyambut perhelatan event internasional event Motocross Grandx Prix (MXGP) di kawasan Teluk Saleh-Moyo-Tambora (Samota) Pulau Sumbawa Provinsi NTB.

“Pemprov. NTB melalui Dinas Kominfotik, ingin memberikan trigger awal, untuk memacu kesiapan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, steakholder dan semangat masyarakat menyambut event Internasional MXGP,”kata Doktor Najam sapaan Kadis Kominfotik NTB, pada Talk Show Bincang Gemilang, Rabu (30/3/2022) di istana Dalam Loka Sumbawa Besar.

Dijelaskannya, bahwa Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc., dan Wagub Dr. Hj. Ir. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd., beserta jajaran Pemprov. NTB juga terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan semua steakholder untuk mensukseskan event MXGP ini.

“Dihari-hari berikutnya, akan banyak koordinasi dan komunikasi yang dilakukan oleh mitra terkait, baik dari Pemprov. NTB, Pemerintah Pusat, dan Kabupaten Sumbawa hingga terselenggaranya pelaksaanaan MXGP,”jelas Doktor Najam didepan Wabup Kab. Sumbawa Dewi Noviani, S. Pd., M. Pd.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan kegiatan Road Show Diskominfotik NTB, dari Rakor seluruh Diskominfotik se-NTB, Bincang Gemilang, literasi keuangan, hingga peninjauan kawasan Samota.

“Terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa dan Dinas Kominfo Kabupaten Sumbawa sebagai tuan rumah,”ucap mantan wakil ketua KI NTB.

Program Bincang Gemilang yang digagas Diskominfotik NTB, menghadirkan 3 narasumber diantaranya Wabup Sumbawa, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa dan Kapolres Sumbawa.

Kegiatan tersebut turut dihadiri, Forkompimda Kabupaten Sumbawa, Kasdim, Rektor UTS, Bank NTB Syariah, PT. Telkom, Kepala BPS, Ketua KPID, Ketua KI, Kepala KCD Dikbud Sumbawa beserta jajarannya dan Sekdis serta Kabid Diskominfotik NTB. (*)

Komentar