Tiga Desa Diminta Tuntaskan DD dan BLT Dalam Bulan ini

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Sebanyak tiga desa di Kabupaten Sumbawa hingga kini diketahui belum melakukan pencairan dana desa (DD), termasuk menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat.

Demikian diungkapkan Kabid Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbawa – Anhuyas kepada media ini, Selasa (29/3). Dari 157 Desa yang ada, baru 154 Desa yang sudah mencairkan DD sekaligus menyalurkan BLT DD kepada masyarakat. Sementara tiga Desa lainnya belum yakni Desa Karang Dima, Bugis Medang dan Sebotok Kecamatan Labuhan Badas. “Dari tiga yang belum, dua Desa yakni Karang Dima dan Bugis Medang sudah kita ajukan untuk pencairan, sekarang sedang diverifikasi oleh BKAD dan KPPN. Sedangkan Desa Sebotok masih dalam proses evaluasi di tingkat Kecamatan. Artinya belum dilakukan menyelesaikan tahapan, sehingga belum kita usulkan untuk penyakuran dana desa tahap pertana ataupun BLT,” terangnya.

Sejauh ini, lanjut Uchas – sapaan akrabnya, selama proses penyaluran bantuan berlangsung, tidak ditemukan kendala apapun di lapangan. Pihaknya berharapĀ  semua Desa bisa melakukan penyaluran BLT dari bulan Januari sampai akhit Maret ini. Agar proses pelaporan dari tiga bulan pertama ini dapat segera disampaikan ke DPMD untuk direkomendasikan dan diajukan kembali untuk penyaluran tiga bulan berikutnya. “Penyaluran BLT sejauh ini aman-aman. Belum ada laporan yang masuk ke kami,” tuturnya.

Pihaknya telah bersurat ke Pemerintahan Desa agar mempercepat penyaluran dana desa maupun BLT DD. “Harapan kita untuk Sebotok tidak keluar dari bulan Maret untuk pencairan DD dan penyaluran BLTnya,” harap Uchas. (msg)

Komentar