Buka MTQ Ke-34, Berikut Pesan Bupati Sumbawa

Sumbawa Besar, Mediasumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-34 Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2022. Minggu (27/03/2022) malam, di halaman Kantor Bupati Sumbawa.

Bupati Sumbawa- H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya dapat melaksanakan kembali MTQ setelah dua tahun tertunda akibat pandemic Covid-19. ‘’Alhamdulillah saat ini kita kembali dapat menggelar MTQ, meskipun dengan sederhana, namun tetap khidmad, agar syi’ar islam dapat terus menggema di tengah-tengah masyarakat,’’terang Bupati Sumbawa.

Bupati berharap, MTQ yang telah membudaya di tengah masyarakat kita, selain berkembang dari segi syi’ar dan kualitas penyelenggaraannya, juga dapat mewarnai wajah umat islam di tana’ samawa. ‘’Mtq harus mampu membumikan al-qur’an sehingga lebih dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat kita,’’Harap H.Mo sapaan akrab Bupati Sumbawa.

Bupati Sumbawa menambahkan, hakikat, makna, dan tujuan MTQ harus dipegang teguh, agar Al-qur’an benar-benar diresapi, dihayati, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. ‘’ketika kita menggemakan al-qur’an, maka sebenarnya kita sedang menggemakan nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai kesalehan sosial, nilai-nilai yang mengutamakan pembelaan kepada yang lemah, mengutamakan pembelaan kepada yang fakir, mengutamakan pembelaan kepada yang miskin, bukan nilai-nilai keserakahan dan yang sejenisnya,’’urai H. Mahmud Abdullah dengan menambahkan melalui kegiatan musabaqah tilawatil qur’an ini, diharapkan marwah islam yang perlahan mulai terkikis di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda, akan terbangkitkan kembali, dan benar-benar melekat pada diri masyarakat kita, sehingga dengan sendirinya perilaku masyarakatpun akan terarah menuju perilaku yang Qur’ani.

Masih Kata Bupati Sumbawa, Kegiatan MTQ ini tentunya tidak hanya berorientasi sebagai peneguhan syi’ar islam semata, tetapi lebih jauh diharapkan dapat menjadi barometer untuk mengukur hasil atau outcome dari kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang berlangsung di tengah-tengah masyarakat. Alhamdulillah, kita patut bersyukur karena pada malam ini kita menyaksikan para qori’-qori’ah terbaik dari seluruh kecamatan se-kabupaten sumbawa, akan unjuk kebolehan sesuai bidangnya masing-masing, sebagai hasil dari pembelajaran al-qur’an yang telah dilakukan selama ini.

Bupati juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tulus kepada para guru ngaji, para ustadz dan ustadzah yang tanpa lelah, dengan tulus dan ikhlas Lillahi Ta’ala, telah mengajarkan anak-anak kita al-qur’an, mengajarkan bagaimana cara membaca yang benar, serta cara melantunkannya dengan baik, bahkan telah mampu melahirkan qori’-qori’ah terbaik. mari kita do’akan semoga para qori’-qori’ah kita dapat berprestasi, baik di ajang MTQ tingkat Kabupaten Sumbawa, MTQ tingkat Provinsi NTB yang akan digelar pada bulan juni mendatang, maupun MTQ tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Selatan oktober 2022, mendatang.

masih segar dalam ingatan Saya kata Bupati Sumbawa, pada masa-masa lalu hampir di setiap rumah penduduk sumbawa selalu terdengar alunan suara Al-Qur’an antara Maghrib dan Isya. suasana seperti ini betul-betul melahirkan kesejukan, kedamaian dan keberkahan di tengah-tengah masyarakat. jika saja kebiasaan ini mampu kita hidupkan kembali, saya yakin setiap kecamatan tidak akan kesulitan mencari peserta untuk menjadi utusan dalam kompetisi atau musabaqah di tingkat yang lebih tinggi.

‘’saya menghimbau para camat dan para kepala desa/lurah, agar menghidupkan kembali budaya maghrib mengaji di tengah-tengah masyarakat, sebagai ikhtiar kita untuk melahirkan generasi qur’ani sejak dini, dan juga qori’-qori’ah berprestasi kebanggaan daerah,’’ himbau Bupati dengan menegaskan, pemerintah daerah dalam hal ini akan terus mem-back up baik dalam hal anggaran maupun kelembagaan untuk mendukung berbagai upaya terkait pembinaan dan pendidikan Al-Qur’an di kabupaten Sumbawa, mengingat kultur masyarakat kita sangat kental dengan syari’at islam, yaitu : Adat Barenti Ko Syara’, Syara’ Barenti Ko Kitabullah (Adat Bersendikan Syari’at, Syari’at Bersendikan Kitabullah). mudah-mudahan dengan menghidupkan kembali budaya maghrib mengaji, anak-anak dan remaja kita akan menjadi generasi qur’ani, generasi yang berakhlaq mulia, diwarnai oleh nilai-nilai luhur al-qur’an.

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah / 2022 masehi. Hanya tinggal menghitung hari. Untuk itu, terang Bupati, mari kita sambut kehadiran bulan yang penuh berkah ini dengan luapan kegembiraan dan semangat beribadah. Mari kita gunakan kesempatan emas di bulan suci ramadhan untuk membersihkan jiwa, serta mendekatkan diri kepada allah swt. Semoga kita semua mampu mencapai derajat insan yang bertaqwa, amin ya rabbal ‘alamin.

Akhirnya, saya ucapkan selamat mengikuti musabaqah kepada seluruh peserta. Tidak lupa pula saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada bapak/ibu para dewan hakim, yang insya allah akan memberikan penilaian yang se-obyektif mungkin sesuai dengan kaidah musabaqah yang telah ditetapkan.

‘’mudah-mudahan dengan kesuksesan penyelenggaraan mtq tingkat kabupaten sumbawa pada tahun ini, dapat menjadi sumber energi dan motivasi bagi masyarakat kabupaten sumbawa, untuk turut menyukseskan event-event besar lainnya di kabupaten sumbawa, termasuk event internasional mxgp samota pada bulan juni mendatang, sebagai ikhtiar kita mewujudkan sumbawa gemilang yang berkeadaban,’’harap Bupati Sumbawa.(MS/SP/***).

 

Komentar