Tunjang Kesejahteraan Anggota, Kinerja Pengurus Kopeda Minta Ditingkatkan

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Para pengurus Koperasi Pegawai Daerah (Kopeda) Sumbawa diminta meningkatkan kinerja positifnya. Hal itu bertujuan agar dapat menunjang kesejahteraan para anggota yang ada.

‘’Kedepan saya berharap agar kinerja positif yang telah diterapkan oleh seluruh jajaran pengurus Kopeda dapat terus ditingkatkan, sehingga nantinya keberadaan koperasi pegawai daerah ini mampu menunjang kesejahteraan para anggotanya,’’ ungkap Sekda Sumbawa – H Hasan Basri dalam kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopeda Sumbawa tahun buku 2021, pada Kamis (17/2) di aula H Madilaoe ADT lantai III kantor Bupati Sumbawa.

Menurutnya, keberhasilan koperasi bukan hanya ditentukan oleh pengurus, namun sangat ditentukan oleh peran aktif dari masing-masing anggota dan dukungan kepala unit kerja tempat anggota-anggota tersebut melaksanakan tugasnya. Sehingga, dalam rangka meningkatkan partisipasi anggota, diharapkan pengurus Kopeda dapat melakukan terobosan baru untuk menambah produk-produk layanan Kopeda yang sudah ada, baik bersifat komersial maupun bentuk-bentuk layanan yang bersifat sosial.

‘’Melihat perkembangan dan kemajuan yang dicapai Kopeda sejak dibentuknya sampai saat ini, serta dengan melihat potensi yang dimiliki tersebut, kita semua patut bersyukur dan optimis bahwa koperasi kita ini kedepan akan mampu menjadi salah satu pelaku ekonomi yang cukup diperhitungkan di daerah ini, yang dapat bersaing di lingkungan dunia usaha dengan penerapan prinsip-prinsip ekonomi murni tanpa meninggalkan jati dirinya sebagai badan usaha koperasi,’’ tukasnya.

Dalam kegiatan itu, Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Indag) – Khaeruddin menegaskan, RAT ini merupakan agenda wajib pengurus Koperasi. Ini dilakukan sebagai evaluasi RAT tahun sebelumnya.

Diungkapkan pula terkait kepengurusan Kopeda saat ini, dimana pada tahun 2021 lalu telah dilakukan penyegaran pengurus. Terjadi perubahan jumlah anggota dari tahun sebelumnya, dipada saat ini jumlah anggota Kopeda 685 orang, sementara pada 2020 lalu sebanyak 703 orang. ‘’Pengurus Kopeda tahun 2021 terjadi perubahan anggota. Selama 2021 ada yang keluar dan meninggal dunia,’’ terangnya.

Sementara Ketua Pengawas Koperasi – H Rasyidi dalam kesempatan itu mengungkapkan,  penilaian terhadap Kopeda Sumbawa cukup sehat, sekitar 16,79 likuiditas, kemudian 0,99 persen kapabilitas, sehingga dianggap bisa membiayai seluruh kebutuhan. ‘’Piutang macet sekitar Rp 6 juta. Saran saya ini dihapus saja,’’ pungkasnya. (msg)

Komentar