Kejar Target Vaksinasi, Tim Vaksinator Ditambah

Pemerintahan194 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Upaya untuk memenuhi target vaksinasi di Kabupaten  Sumbawa terus dilakukan. Bahkan saat ini, jumlah tenaga tim vaksinator pun ditambah, guna mempercepat kegiatan dimaksud.

Demikian disampaikan Kepala Bidang P3PL Dinas Kesehatan Sumbawa – H Sarip Hidayat, kepada wartawan, Selasa (8/2). Pelaksanaan vaksinasi dosis satu, dua dan vaksin anak usia 6-11 tahun sudah hampir mencapai target yang telah ditentukan. Berdasarkan data KPCPEN dosis satu sudah mencapai 86,55 persen, dosis dua 58,70 persen dan anak 50,71 persen.

Sementara, lanjut H Sarip, menurut data vaksinasi hitungan manual di lapangan, tercatat proses penginputan mencapai 88,48 persen untuk dosis pertama, kemudian dosis dua 61,50 persen, serta vaksin anak usia 6-11 tahun mencapai 62,27 persen. ‘’Target vaksinasi kita saat ini untuk dosis satu 100 persen dan dosis dua 70 persen,’’ terangnga.

Terkait vaksin booster, memang saat ini belum mencapai target. Itu disebabkan  ketersediaan vaksin yang belum mencukupi. Diperkirakan pelaksanaan vaksin booster akan banyak dilakukan di bulan Februari atau Maret. Karena booster akan dilakukan enam bulan setelah vaksin kedua.

Pohaknya mengaku akan terus bergerak untuk percepatan vaksinasi di Kabupaten Sumbawa. Salah satunya dengan menambah tim vaksinator dari yang sebelumnya 29 menjadi 32 tim. Termasuk jumlah anggota vaksinator juga ditambah dari 6 menjadi 11 anggota. ‘’Mereka bersama-sama bergerak di Rumah Sakit, Puskesmas, dan Klinik,’’ tuturnya.

Terhadap pelaksanaan vaksinasi ini, pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat untuk dapat datang ke fasilitas kesehatan. Agar bisa dilaksanakan vaksinasi dosis satu, dua dan anak, termasuk vaksin dosis lanjutan. ‘’Yang terpenting saat ini adalah  upaya dari kita  semua untuk patuh terhadap prokes. Karena memang itu satu-satunya jalan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penularan covid-19,’’ pungkasnya. (msr)

Komentar