oleh

Fasilitas Pendukung Food Estate di Sumbawa Telah Tersedia

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pengembangan kawasan Food Estate di Kecamatan Labangka Kabupaten Sumbawa terus digenjot. Bahkan saat ini sudah ada beberapa fasilitas bantuan Pemerintah Pusat yang tersedia di lokasi, dalam mendukung program dimaksud.

‘’Untuk mendorong percepatan realisasi terbentuknya kawasan food estate di Labangka, maka Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pembangunan Peternakan,’’ terang Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan (Bapelitbang) Kabupaten Sumbawa – H Junaidi kepada media ini, Selasa (30/11).

Dalam tahun ini, ungkap Haji Jun, tim dari Badan Litbangnak sudah melakukan beberapa kegiatan di Kabupaten Sumbawa, seperti  meneliti tentang kesesuaian dan kecocokan lokasi. Selain itu, mereka juga membuat demplot untuk penanaman bibit, memberikan dukungan pelatihan kepada masyarakat peternak, membuat bunker untuk pakan. Selanjutnya, Kabupaten Sumbawa juga diberikan bantuan alat mesin pencacah pakan, diberikan beberapa alat pertanian dalam mendukung pengembangan kawasan pembibitan pakan berupa jagung. ‘’Semuanya sudah ada, dan sedang dilaksanakan sekarang ini,’’ jelasnya.

Kegiatan terakhir yang dilakukan Badan Litbangnak yakni mendatangkan para pakar ke Kabupaten Sumbawa, seperti pakar dibidang managemen pengelolaan pakan, pakar dibidang usaha pengelolaan ternak dan pemasaran, pakar dibidang teknologi kaitan dengan pabrik pakan, tenaga penyusun masterplan yang dibentuk bersama Pemerintah Provinsi, kemudian memberikan FGD dalam menyampaikan penjelasan ke Pemda Sumbawa tentang model kelembagaan dan bisnis usaha dari food estate. ‘’Mereka akan mendampingi kita terus. Inilah cikal bakal dalam rangka mendorong percepatan dari pengembangan atau terbentuknya food estate,’’ tukasnya.

 

 

Untuk itu, pihaknya berharap kawasan Food Estate tersebut dapat segera terbentuk. Sehingga wilayah sekitar dapat segera berkembang. ‘’Mudah-mudahan dengan dukungan Badan Litbangnak ini bisa mempercepat kearah sana,’’ pungkasnya. (msg)

Baca Juga:  Ini Arahan Sekda NTB Tentang Pedoman Kerja Selama Masa PPKM

Komentar

Berita Pilihan