Dinas Dikbud Gelar Pameran Temporer Museum Daerah Sumbawa Tahun 2024

Pemerintahan21 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa melalui Bidang Kebudayaan menggelar Pameran Temporer Museum Daerah Sumbawa Tahun 2024, pada Selasa (10/9/2024). Dalam kegiatan tersebut memperkenalkan kuliner khas lokal serta sosialisasi Makanan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA). Selain itu, dirangkaikan pula dengan kegiatan belajar bersama.

Dalam laporannya, Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud Sumbawa, Fithriati mengungkapkan, ini merupakan kegiatan rutin yang telah dilaksanakan setiap tahun. Adapun kurator pada kegiatan pameran temporer adalah Tim Penggerak PKK 8 Kelurahan di Kecamatan Sumbawa. “Kami bisa melaksanakan dengan melibatkan beberapa kecamatan perwakilan timur, tengah, barat, selatan, utara. Namun karena keterbatasan anggaran akan mencoba hanya di Kecamatan Sumbawa dengan perwakilan dari TP kelurahan,” terangnya.

Lebih jauh dijelaskan, kegiatan ini melibatkan enam narasumber yang terdiri dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, TP PKK Kabupaten Sumbawa, TP PKK Kecamatan Sumbawa, dan Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia Kabupaten Sumbawa.

Dijelaskan, pameran ini menargetkan kunjungan dari 46 sekolah dan diharapkan dapat menarik 2.500 pengunjung, selama pelaksanaan kegiatan. “Tahun ini, Museum Daerah Sumbawa menargetkan total kunjungan mencapai 10.000 orang. Selain itu, kegiatan belajar bersama juga melibatkan 20 SD di dalam kota yang akan diberikan materi seni kelingking dan beberapa materi lainnya,” tuturnya.

Sementara, Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany dalam sambutannya memberi apresiasi atas kegiatan ini. Sehingga diharapkan kegiatan tersebut terus berlanjut, guna mengenalkan anak – anak Sumbawa dengan kuliner khas daerah. “Kuliner lokal harus dilestarikan dan dibanggakan. Saya akan terus mendukung program ini ke depannya,” pungkasnya. (msg)

Komentar