Kabupaten Sumbawa Turut Meriahkan Festival Harmoni Budaya Nusantara Tahun 2024

Pemerintahan16 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa turut memeriahkan puncak Festival Harmoni Budaya Nusantara Tahun 2024, yang berlangsung pada 5 hingga 7 September lalu, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Festival tersebut mengangkat tema “Merajut Persatuan Dalam Keberagaman”. Dalam kesempatan itu, Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) yang diwakili oleh Kepala Bidang Kebudayaan Fithriati menampilkan kesenian daerah Sumbawa yakni Sakeco dan Bakilung. Ini merupakan momentum bagi daerah untuk mengenalkan kesenian asli Sumbawa di tingkat nasional, bahkan internasional. “Alhamdulillah, melalui kesempatan tersebut kami dapat mengenalkan kesenian daerah yaitu medley Sakeco dan Bakilung,” ujar Fit kepada wartawan

Selain dirinya yang mewakili Dinas Dikbud Sumbawa, penampilan Sakeco dan Bakilung yang langsung dibawahi binaan Kadis Dikbud Sumbawa ditampilkan oleh Dira Hermayani dan Rifani Juniarsih serta didampingi pelatih Ariefanto. Saat penampilan Bakilung, ia juga mengajak para penonton untuk tampil bersama. Sehingga kehangatan dan kemeriahan acara semakin terasa. “Alhamdulillah meskipun hanya 3 orang, kami mendapat apresiasi yang begitu meriah. Karena nuansa islami dan ada interaksi dengan penonton. Mudah-mudahan ini menjadi salah satu langkah kami lebih mengenalkan kesenian asli daerah Sumbawa,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, pihaknya menyampaikan terimakasih kepada Bupati, Wakil Bupati Sumbawa dan Plt Kadis Dikbud. Sebab, tanpa dukungan para pemimpin daerah dirinya mengaku tidak mungkin mendapatkan kesempatan untuk tampil di ajang yang membanggakan tersebut. (msr)

Komentar