Pemkab Sumbawa Lakukan Perbaikan Jalan Osapsio

Pemerintahan81 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemkab Sumbawa melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sedang melakukan perbaikan sementara terhadap kerusakan Jalan Osapsio yang berada di Kelurahan Uma Sima, Kecamatan Sumbawa.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang Bina Marga,  H. Iyang Sahruddin Rabu (10/7/2024) mengatakan, pembenahan Jalan Osapsio sudah mulai lakukan dengan menggunakan anggaran rutin pemeliharaan jalan. “Yang menjadi kendala adalah tumpukan material di drainase pinggir jalan. Setelah salurannya penuh, airnya tumpah ke jalan,” ujar Iyang kepada wartawan.

Dijelaskan, adapun penanganannya berupa perataan sedimentasi yang menumpuk di tengah jalan. Setelah tumpukan material itu sudah diratakan, barulah penanganan bisa dilakukan. “Karena kalau timbunannya tidak diratakan, kan tidak bisa diaspal,” terangnya.

Lebih lanjut Iyang mengatakan, banyaknya tumpukan material di atas jalan ini akibat drainase pinggir jalan yang sudah penuh sedimentasi. Akibatnya, saat hujan turun, air akan membawa material berupa tanah dari atas bukti di kawasan tersebut dan mengendap di atas jalan.

Selain penanganan jalan, pihaknya juga akan menangani persoalan drainase yang juga merupakan sumber persoalan di jalan tersebut. Dimana drainasenya akan ditangani, agar tidak terjadi tumpukan material kembali di atas jalan.

Namun, di lapangan pihaknya menemukan berbagai kendala. Seperti adanya bangunan milik warga yang terbangun di atas drainase. Untuk mengatasi persoalan ini, pihaknya berkoordinasi dengan Camat Sumbawa. Untuk kemudian dilakukan sosialisasi terkait rencana pembenahan Jalan Osapsio sepanjang 300 meter ini, beserta drainasenya. “Tidak ada ganti rugi nanti. Karena memang dilarang ada bangunan di drainase. Tapi kalau ada jembatan untuk gang masuk, akan dibongkar dan dipasang kembali,” terangnya.

Disinggung mengenai akses jembatan rumah warga, tentu akan dibongkar juga. Namun, pemda akan memberikan stimulan berupa material untuk pembangunan kembali. Meski demikian, seperti apa penanganannya nanti, menunggu kesimpulan dari sosialisasi yang dilakukan Camat Sumbawa.

Lebih lanjut Iyang memaparkan, setelah drainasenya dibenahi, aliran airnya akan dilarikan ke kawasan Jalan Durian. Saat ini pihaknya juga masih menunggu anggaran guna pembenahan drainase Jalan Durian. Mengingat, lokasi tersebut merupakan titik sejumlah drainase di dalam Kota Sumbawa.

Sementara itu, Camat Sumbawa, Iwan Sofian mengatakan, segala persoalan yang terjadi di Kecamatan Sumbawa dilakukan penyelesaian dengan upaya persuasif terlebih dahulu. Salah satunya terkait persoalan Jalan Osapsio. Pihaknya juga sudah melakukan diskusi saat baru menjabat terkait persoalan jalan tersebut. Untuk penanganannya dilakukan melalui berbagai proses. Seperti melalui Musrenbang dan disampaikan langsung ke DPRD Kabupaten Sumbawa. Namun, belum ada usulan yang disetujui.

Belakangan, pihaknya mendapat informasi bahwa penanganannya dilakuan secara sporadis tahun ini melalui Dinas PUPR Kabupaten Sumbawa. Atas informasi ini, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Kepala Dinas PUPR.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi terkait rencana pembenahan Jalan Osapsio ini. Dalam hal ini pihaknya mengajak masyarakat untuk lebih disiplin melaksanakan tata guna tanah. Karena jika dilanggar akan memberikan preseden buruk. Yang pertama dilakukan adalah mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas yang ada sesuai peruntukkannya. Seperti tidak membangun di atas drainase. (msg)

Komentar