Lounching Perdana Truk Sampah Desa, Bupati Sumbawa Instruksikan Perangkat Daerah Bantu Pemdes Langam

Sumbawa30 views

Sumbawa, mediasumbawa.com- Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menghadiri sekaligus melaunching Truk Sampah Desa Langam Kecamatan Lopok, Sabtu (29/6/2024) bertempat di Kantor Desa Langam. Turut hadir beberapa perangkat daerah antara lain Kadis PMD, Kadis Pertanian, Kadis PRKP, Kadis Peternakan dan Keswan serta yang mewakili Kadis PUPR, Kadis LH, Kadis KUKMIndag dan undangan lainnya.

“Saya sangat mengapresiasi Kepala Desa Langam dan jajarannya sebagai desa pertama di Kabupaten Sumbawa yang menginisiasi upaya penanganan sampah dan kebersihan lingkungan dengan pembelian truk sampah melalui APBDes-nya”, urai Haji Mo sapaan akrab Bupati Sumbawa dalam sambutannya.

Lebih lanjut Haji Mo, menyampaikan bahwa masalah sampah dan kebersihan lingkungan adalah salah satu program yang harus dilakukan bersama-sama oleh Pemerintah dan masyarakat. Dengan adanya truk sampah Desa Langam tentu juga harus didukung oleh program dari dinas instansi terkait agar upaya mewujudkan zero waste di Desa Langam khususnya dan Kabupaten Sumbawa umumnya dapat berjalan sesuai yang diharapkan bersama.

“Dinas instasi terkait agar membantu Kepala Desa Langam untuk mewujudkan program zero waste 2024 dengan programnya masing-masing, dan apa yang dilakukan oleh Kepala Desa Langam dapat dicontoh atau direplikasikan di desa lainnya di Kabupaten Sumbawa”, pungkas Haji Mo.

Sebelumnya, Kepala Desa Langam Sahuddin melaporkan dalam sambutannya bahwa Truk Sampah yang dilaounching hari ini adalah berasal dari APBDes Desa Langam Tahun Anggaran 2024 dengan nilai 404 Juta Rupiah.

“Sebagai salah satu Desa Cerdas dan Desa Mandiri di Indonesia, salah satunya adalah mewujudkan kebersihan lingkungan dan bebas sampah sebagaimana yang kami canangkan tahun ini”, papar Kades Langam.

Terlebih di Desa Langam terdapat salah satu pasar besar di Kabupaten Sumbawa yang juga berpotensi bagi peningkatan ekonomi masyarakat, pendapatan daerah maupun desa, sekaligus berpotensi sebagai sumber sampah tiap harinya, lanjutnya.

“Oleh karena itu, dengan adanya truk sampah ini kami berharap melalui BUMDes Desa Langam dan Dinas Koperindag agar dapat menjalin kerjasama dalam pengelolaan sampah pasar maupun lainnya. Demikian pula kami berharap pula kepada Dinas LH untuk membina kami dalam pengelolaan sampah” ujar Sahuddin lebih lanjut. Selain meminta mengharap agar Dinas Pertanian dapat membantu penguatan jalan usaha tani yang nanti akan dilalui juga oleh truk sampah menuju ke TPA.

Launcinng Truk Sampah ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Sumbawa dan pengguntingan pita oleh Bupati Sumbawa dengan meminta Kades Langam untuk mengguntingnya.(ms/sp)

Komentar