Disnakeswan Sumbawa Terjunkan Ratusan Petugas Kesehatan Hewan

Pemerintahan39 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com –  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa menerjunkan sebanyak 200 petugas kesehatan hewan disetiap kecamatan. Itu dilakukan untuk menghadapi hari raya Idul Adha tahun 2024.

Demikian disampaikan Kepala Disnakeswan Sumbawa, H Junaidi kepada wartawan Selasa (11/6/2024). Kabupaten Sumbawa merupakan daerah dengan populasi ternak cukup besar di NTB. Karena itu, stok ternak dijamin aman.

Terkait pemotongan hewan qurban pada saat Idul Adha, lanjut H Jun, pihaknya telah membentuk tim kesehatan hewan yang terdiri dari 200 orang. Nantinya tim ini akan bertugas memeriksa ternak sebelum dan sesudah disembelih. “Jadi ada pemeriksaan sampel darah sebelum dan sesudah dipotong. Petugas kami akan datang langsung ke lokasi di mana pemotongan-pemotongan itu,” terangnya.

Ditegaskan, pemeriksaan ini dilakukan secara gratis. Jadi diimbau kepada semua masyarakat yang berniat untuk berqurban, agar melapor ke petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan terdekat. Baik itu di tingkat Kabupaten maupun di Puskeswan. “Petugas kami standby satu kali 24 jam untuk memeriksa,” tuturnya.

Dijelaskan, pihaknya juga akan menyasar seluruh lokasi pemotongan hewan qurban. Baik itu yang dilakukan di masjid, musholla dan pribadi. Karenanya, panitia qurban maupun perorangan diharapkan untuk melapor ke petugas terkait rencana pemotongan hewan qurban itu.

Lebih lanjut Junaidi mengatakan, berdasarkan surat edaran dari Sekda Sumbawa, diminta kepada seluruh camat agar mendata dan melaporkan, sekaligus memeriksa hewan qurban yang akan dipotong. Sehingga, hewan yang akan diqurbankan dipastikan sehat dan dagingnya aman dikonsumsi. (msg)

Komentar