Bupati Sumbawa Kukuhkan Penambahan Masa Jabatan 155 Kepala Desa

Pemerintahan251 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Sebanyak 155 Kepala Desa dikukuhkan masa jabatannya menjadi 8 tahun oleh Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah. Kegiatan berlangsung di halaman Kantor Bupati Sumbawa, pada Senin (10/6/2024), disaksikan oleh Wakil Bupati Sumbawa, para Anggota Forkopimda, Sekda Sumbawa, para Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, serta para Kepala Perangkat Daerah.

Pengukuhan ini menyusul ditetapkannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, yang mengatur pertambahan masa jabatan Kepala Desa dari 6 tahun menjadi 8 tahun.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa mengucapkan selamat atas pengukuhan masa jabatan 8 tahun bagi 155 Kepala Desa di Kabupaten Sumbawa. Ia berharap agar para kepala desa senantiasa menjalankan segala tugas, wewenang, fungsi dan kewajiban dengan sebaik-baiknya sesuai koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Harus selalu menghindarkan diri dari berbagai larangan dan pelanggaran yang dapat berdampak administratif maupun hukum,” tutur Bupati.

Selain itu, menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Bupati menghimbau seluruh kepala desa bersama perangkat desa dan BPD untuk tetap menjaga kedamaian, kerukunan dan keharmonisan ditengah-tengah masyarakat. Termasuk berupaya menjaga netrallitas sebagai bagian dari penyelenggara pemerintahan di Republik Indonesia yang harus selalu mengayomi dan melayani masyarakat dengan seadil-adilnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa, Rachman Ansori melaporkan, dari 155 Kepala Desa yang dikukuhkan dalam masa jabatan 8 tahun, dari data berdasarkan periode, pengabdian jabatan 3 periode sebanyak 11 Kepala Desa, pengabdian jabatan 2 Periode sebanyak 47 Kepala Desa, dan pengabdian jabatan 1 periode sebanyak 97 Kepala Desa.

Sedangkan dari data berdasarkan akhir masa jabatan, Ansori mengungkapkan, Kepala Desa dengan akhir masa jabatan tahun 2024 yang kemudian diperpanjang sampai dengan tahun 2026 sebanyak 17 Kepala Desa, akhir masa jabatan tahun 2026 yang kemudian diperpanjang sampai dengan Tahun 2028 sebanyak 118 Kepala Desa, dan akhir masa jabatan tahun 2028 yang kemudian diperpanjang sampai dengan Tahun 2030 sebanyak 20 Kepala Desa. (msg)

Komentar