16 SMP Mengikuti LCCM Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2024

Pendidikan33 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa melalui UPT Museum Daerah Sumbawa, menggelar Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2024, pada Selasa (21/5/2024). Kegiatan ini diikuti belasan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tersebar di 16 Kecamatan.

Sekdis Dikbud Sumbawa, Sudarli dalam sambutannya menyampaikan, LCCM digelar untuk memupuk rasa cinta tanah air melalui sejarah dan budaya. Khususnya memberikan pengetahuan tentang peranan museum kepada generasi muda. “Ini dalam rangka melahirkan rasa cinta kita kepada Negara ini,” terangnya.

Apalagi, lanjut Sekdis, materi yang disampaikan pada LCCM ini berhubungan dengan sejarah, baik itu sejarah kebudayaan, sejarah kebangsaan, kemudian tentang museum, tentang sejarah NTB, serta lainnya. “Mari kemudian rasa cinta ini kita pupuk bersama, cintai sejarah ini untuk kita perkuat kembali. Ini merupakan jati diri kita juga tau dan tana samawa,” tutur Sudarli.

Diungkapkan Sudarli, LCCM Tahun ini diikuti oleh siswa siswi SMP dari 16 Kecamatan. Yang berhasil menjadi juara 1 dan 2 akan mengikuti lomba serupa di tingkat Pulau Sumbawa dan tingkat Provinsi NTB. “Bukan hanya persoalan anak-anak kita bersaing di tingkat Kabupaten lalu ke tingkat Pulau Sumbawa dan NTB hingga Nasional. Tetapi bagaimana kemudian kita melahirkan rasa cinta kepada generasi kita terhadap sejarah. Bangsa yang besar,  bangsa yang menghormati sejarahnya,” imbuhnya.

Melalui LCCM ini, terang Sekdis, siswa siswi diharapkan dapat meningkatkan kompetensi diri. Termasuk dapat mengolah emosional, bersaing, dan rasa sabar. “Ini adalah bagian dari karakter selain kompetensi tadi. Banyak hal yang bisa kita ambil dari proses ini. Kita berharap tahun depan proses ini diikuti oleh seluruh kecamatan,” pungkasnya.

Juara LCCM Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2024

SMP Negeri 1 Sumbawa berhasil meraih juara pertama pada LCCM tahun 2024 tingkat SMP se-Kabupaten Sumbawa. Kemudian juara kedua diraih SMPN 1 Utan, disusul SMPN 1 Moyo Hulu diposisi ketiga, dan SMPN 1 Moyo Utara diperingkat empat. Para juara ini masing-masing mendapatkan piala, uang pembinaan dan sertifikat.

Kepala UPT Museum Daerah Sumbawa Ivonie Septiyanti  menyebutkan, dari hasil LCCM tingkat Kabupaten Sumbawa ini diambil dua tim yaitu juara satu SMPN 1 Sumbawa dan juara dua SMPN 1 Utan. Kedua sekolah ini akan mewakili Kabupaten Sumbawa di tingkat Pulau Sumbawa. Kemudian juara se-Pulau Sumbawa nantinya akan mengikuti LCCM tingkat Provinsi NTB dan selanjutnya ke tingkat nasional. “Kami berharap Sumbawa dapat meningkatkan prestasi. Sebab SMP Negeri 1 Sumbawa selama beberapa tahun secara berturut-turut pernah mewakili Provinsi NTB ke tingkat nasional,” pungkasnya. (msg)

Komentar