Sumbawa Masuk Kabupaten/Kota Kategori Baik dalam Indeks Reformasi Birokrasi

Pemerintahan98 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Kabupaten Sumbawa berhasil masuk dalam jajaran kabupaten/kota di Indonesia dengan kategori B (Baik), dan sekaligus berhasil meningkatkan posisi Indeks Reformasi Birokrasi (RB) Kabupaten Sumbawa tahun 2023 dalam assisment RB dengan skor Indeks RB sebesar 62,36 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Atas penilaian ini, pencapaian Kabupaten Sumbawa menjadi Pemerintahan Daerah pada kategori Indeks Reformasi Birokrasi pada predikat B (Baik) sebagai pencapaian cukup fantastis, setelah tahun-tahun sebelumnya Kabupaten Sumbawa masih berada dalam kategori Cukup (CC).

Kabag Organisasi Setda Sumbawa, Arif Alamsyah, menyatakan, Kabupaten Sumbawa tahun 2023 berhasil masuk dalam kategori Baik (B) untuk Indeks RB dan ini menjadi pencapaian sangat spesial. “Saya rasa ini pencapaian yang tidak sederhana, karena tidak semua kabupaten/kota berhasil masuk pada kategori ini, dan juga yang menjadi catatan penting adalah bahwa baru tahun 2023 Kabupaten Sumbawa berhasil masuk dalam kategori baik,” terangnya.

Hasil evaluasi RB tersebut diumumkan dan diserahkan langsung oleh KemenPANRB RI melalui pertemuan daring dengan seluruh Kabupaten/Kota pada Selasa 6 Februari 2024. setelah sebelumnya dilangsungkan evaluasi mendalam dan verifikasi terhadap inputput data dalam Sistem Informasi Lembar Kerja Evaluasi RB oleh Tim Nasional Evaluator RB KemenPANRB.

Menurutnya, ini merupakan prestasi yang membanggakan. Sehingga pihaknya yang mengkoordinasikan implementasi RB menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada unsur teknis perangkat daerah dan semua pihak, atas dedikasi dan kerjasama yang baik. “Walaupun ditengah keterbatasan sumberdaya yang ada, namun dapat memberikan pencapaian baik ini dan hal ini menjadi gambaran tatakelola pelaksanaan pemerintahan Kabupaten Sumbawa yang baik,” ujarnya.

Hasil penilaian ini akan menjadi spirit yang sangat berharga dalam mendorong kinerja Reformasi Birokrasi dengan pencapaian skor indeks yang lebih tinggi dimasa akan datang. Sehingga Kabupaten Sumbawa lebih kompetitif diantara pemerintah daerah lainnya. “Kami akan mengkonsultasikan kepada pimpinan dalam hal ini Bapak Bupati Sumbawa, untuk mendapatkan arahan lebih lanjut,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, secara teknis disampaikan Analis Kebijakan Bagian Organisasi Setda Sumbawa, Hasbullah, yang juga selaku Sub Koordinator kegiatan teknis RB dan Akuntabilitas Kinerja, menjelaskan, proses evaluasi adalah mengukur dua komponen yaitu RB General dan RB Tematik yang cukup komprehensif dan ketat. “Alhamdulillah atas koordinasi Bagian Organisasi dengan semua pihak kita dapat masuk dalam jajaran kabupaten/kota di Indonesia pada kriteria Baik ini,” pungkasnya. (MS)

Komentar