DPRD Gelar Sidang Paripurna Dalam Rangka HUT Kabupaten Sumbawa Ke 65

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – DPRD Kabupaten Sumbawa menggelar Sidang  Paripurna dalam rangka Peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke 65, pada Sabtu (20/1/2024). Sidang dipimpin oleh Ketua DPRD Abdul Rafiq, didampingi Wakil Ketua DPRD H Mohamad Ansori dan Nanang Nasiruddin.

Acara ini dihadiri juga oleh Bupati Sumbawa H. Mahmud Abdulllah, Sultan Sumbawa Dewamasmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV, Anggota DPRD Sumbawa, Forkopimda, Pj Sekda Sumbawa Dirmawan, Anggota DPRD Provinsi NTB, Para Asisten, Kepala OPD, serta lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Abdul Rafiq mengatakan, diusia 65 tahun Kabupaten Sumbawa dan memasuki usia tiga tahun pemerintahan Mo- Novi, berbagai kesuksesan sebagai buah kinerja kolektif dan karya telah meraih penghargaan berskala nasional dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, berupa Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2023, Penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM tahun 2023 dari Menteri Hukum dan HAM, dan peraih Peringkat Nilai Tertinggi Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota Pelaksanaan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Provinsi NTB tahun 2023 dan 14 OPD yang meraih  predikat mutu layanan sangat baik tahun 2023.

“Kedepan, teknologi yang terus berkembang mengharuskan kita untuk berpacu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam tatanan kehidupan digitalisasi yang tak dapat kita hindari sehingga terlahir insan-insan yang profesional. Untuk itu, pada peringatan ulang tahun Kabupaten Sumbawa kali ini, kami Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa secara pribadi dan kelembagaan memberikan apresiasi kepada tokoh-tokoh yang telah banyak berkontribusi bagi pembangunan sumber daya manusia khususnya di Kabupaten Sumbawa,” tuturnya.

Dalam sidang paripurna tersebut dibacakan  keputusan Pimpinan DPRD tentang Penetapan Penerima Penghargaan dalam Rangka Hari Ulang Tahun ke-65 Kabupaten Sumbawa tahun 2024 oleh Sekretaris DPRD A. Yani. Dan penyerahan penghargaan oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq bersama Wakil Ketua DPRD dan Bupati Sumbawa. Penghargaan diberikan kepada sastrawan, budayawan, tokoh pendidikan, tokoh agama, pemerhati penyandang disabilitas dan pemerhati perempuan dan anak.

Adapun penerima penghargaan  adalah H. Dinullah rayes (Sastrawan), Mustakim Biawan (Sastrawan), Aries Zulkarnain (Budayawan), Wahyuddin Latief (Budayawan) H. Hasanuddin, (Budayawan), Syaifuddin Iskandar (Tokoh Pendidikan), H. Iwan Jazadi (Tokoh Pendidikan), Chairul Hudaya, (Tokoh Pendidikan), Syukri Rahmat (Tokoh Agama), H. Faisal Salim (Tokoh Agama), Baiq Hadijah  (Pemerhati Penyandang Disabilitas), Fatriatul Ananda (Pemerhati Perempuan dan Anak).

Dipenghujung acara Ketua DPRD menyampaikan Peringatan HUT selain menjadi momentum evaluasi bersama, juga diharapkan menjadi penguat kolaborasi berbagai pihak untuk meningkatkan dan memperkuat peradaban tana samawa, sebagai adiluhung dan warisan yang memiliki nilai kehidupan yang menjadi kiblat yang dapat dilaksanakan secara universal.

Nilai-nilai tersebut teraktualisasi dalam beragam tradisi dan praktek budaya, pemerintahan, hukum, adat, seni, sastra, festival dan ritual yang dimaknai sebagai bukti akan peradaban dan tradisi budaya yang masih terus dilestarikan sampai              sekarang, meneguhkan kembali nilai adat dan budaya tau samawa “Adat Barenti Ko Syara’, Syara’ Barenti Ko Kitabullah”, dalam pergaulan global menuju masa depan bangsa yang maju dan berkelanjutan.

“Momentumnya bukan hanya diperingati karena peristiwa masa lalu, akan tetapi menandai bahwa kita hari ini terus berjuang menghasilkan karya-karya yang bermakna bagi masyarakat, lingkungan, kita sendiri dan masa depan,” pungkasnya. (MS/*)

Komentar