Wabup : Posyandu Dekatkan Upaya Promotif dan Preventif kepada Masyarakat

Sumbawa65 views

SUMBAWA- Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., membuka kegiatan Penilaian Lomba Posyandu Keluarga tingkat Provinsi NTB tahun 2023 di Posyandu Keluarga Anggrek Putih1 Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa, Jum’at (24/11).

Wabup mengucapkan selamat datang kepada tim penilai lomba posyandu keluarga tingkat Provinsi NTB. Ia berharap dengan kehadiran tim penilai semakin memotivasi untuk terus berikhtiar mewujudkan posyandu keluarga yang berkualitas dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Sumbawa.

“Keberadaan posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat, utamanya terkait dengan upaya kesehatan ibu dan anak. Peran dan dukungan pemerintah kepada posyandu melalui puskesmas sangat penting untuk memfasilitasi pelaksanaan berbagai kegiatan kesehatan di posyandu,” jelas Wabup.

Melalui pelaksanaan penilaian lomba posyandu keluarga ini, Wabup mengharapkan segala permasalahan dan kendala yang ada baik di kabupaten, kecamatan maupun tingkat desa dapat dipecahkan bersama sehingga posyandu yang berada di Kabupaten Sumbawa dapat lebih meningkatkan fungsi dan kinerjanya.

Ketua Tim Penilai Lomba Posyandu tingkat Provinsi NTB, Teguh Gatot Yuwono, S.Hut., M.Eng., mengatakan syarat penilaian lomba posyandu keluarga tingkat Provinsi NTB tahun 2023 yakni kelembagaan posyandunya seperti administrasi dan verifikasi kepada perangkat desa bagaimana dukungan antara pemerintah desa dengan posyandu kelembagaan desa harus bersinegri, peran pemerintah desa tentang anggaran harus diperhatikan serta adanya dukungan-dukungan formal maupun nonformal. Selain itu, sarana dan prasarana seperti Gedung, alat pelayanan Kesehatan harus lengkap dan posyandunya harus mengedukasi keluarga-keluarga terkait contoh penanganan stunting untuk mengasuh anak dengan baik, serta inovasi-inovasi kegiatan posyandu itu tersebut. (MS)

Komentar