Fraksi PAN Sorot Berbagai Kebijakan Pemda Sumbawa

Parlementaria139 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Melalui jurubicaranya H. Mustajabuddin, S.Sos Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) pada Paripurna penyampaian Pandangan Umum Fraksi DPRD  tentang perubahan atas Peraturan Daerah No.16 Tahun 2022 Tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023, Rabu (20/9/2023). FPAN menyoroti dan memberikan jalan keluar bagi kebijakan Pemda Sumbawa yang masih dinilai belum optimal dalam mengelola keuangan Daerah.

Setelah mencermati dan memahami penjelasan yang telah disampaikan oleh Bupati Sumbawa terkait Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023, Fraksi Partai Amanat Nasional memberikan apresiasi atas kerja keras dan pencapaian pemerintah daerah dalam melakukan peningkatan pembangunan daerah, serta tidak lupa dalam forum yang terhormat ini kami juga ingin menyampaikan catatan, usul dan saran sebagai berikut ;

  1. Terkait Pendapatan Asli Daerah

Fraksi PAN melihat bahwa pencapaian ini masih berada jauh di bawah ekspektasi yang diharapkan. Oleh karena itu, kami menganggap bahwa kebijakan pendapatan daerah harus menjadi prioritas utama dalam rangka mengakselerasi proses pembangunan di daerah, sehingga dapat mengatasi permasalahan keuangan daerah yang masih sangat bergantung pada dana dari pemerintah pusat. Untuk mencapai hal ini, pemerintah daerah perlu merencanakan dan mengimplementasikan kebijakan stimulasi yang tepat, serta membangun sinergitas lintas sektor untuk mengoptimalkan setiap komponen pendapatan daerah yang memiliki potensi unggulan yang belum dimanfaatkan secara maksimal, seperti sektor pariwisata dan sumber daya alam lainnya. Selain itu, perlu juga dilakukan upaya maksimal dalam pengelolaan penerimaan pembiayaan.

‘’Kami dari Fraksi PAN menekankan pentingnya langkah-langkah yang harus diambil untuk mencegah daerah bergantung sepenuhnya pada pajak daerah dan pendapatan asli daerah (pad) sebagai komponen utama pendapatan daerah di masa depan. Fraksi PAN sangat mendukung upaya optimalisasi pendapatan daerah dari sumber-sumber lain, karena hal ini akan menjadi landasan yang kuat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Sumbawa. Kami percaya bahwa dengan motto Sumbawa Gemilang, akan ada semangat dan komitmen baru dalam mengambil langkah-langkah konkret untuk mengatasi berbagai permasalahan daerah dan memajukan daerah sumbawa ke arah yang lebih baik,’’papar Jubir FPAN H.MUstajabuddin.

  1. Terkait Nota Keuangan R-PAPBD Tahun Angggaran 2023

Fraksi PAN melihat bahwa pemerintah masih perlu mengambil langkah-langkah yang lebih progresif dalam menghadapi tantangan untuk mempercepat pembangunan daerah. Kami ingin menekankan pentingnya keselarasan antara upaya promosi, arah kebijakan, dan implementasi dalam pengelolaan kekayaan daerah. Ini adalah faktor utama yang akan memastikan bahwa visi pembangunan daerah dapat tercapai sesuai dengan harapan masyarakat. Dengan koordinasi yang baik di antara komponen-komponen ini, kami meyakini bahwa cita-cita untuk memajukan daerah ini dapat terealisasi secara efektif.

  1. Terkait dengan percepatan pembangunan sarana dan prasarana umum, Fraksi PAN ingin menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1)        Fraksi PAN meminta kepada pemerintah daerah sumbawa agar benar-benar selektif dalam menempatkan pejabat asn berdasarkan kompetensi dan keahlian yang dimiliki. kami menegaskan pentingnya menghindari penempatan pejabat ASN berdasarkan hubungan keluarga, keterlibatan dalam tim sukses, atau alasan politik. dengan menjaga prinsip-prinsip ini, tata kelola pemerintahan dapat berjalan dengan baik dan efisien. kami percaya bahwa pemerintahan yang berfokus pada kompetensi akan membawa kabupaten sumbawa yang gemilang berkeadaban.

2)        Fraksi PAN meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan penataan kota sumbawa, yang merupakan ibukota kabupaten sumbawa. Ini melibatkan upaya perbaikan dan renovasi bangunan-bangunan yang terlihat kurang terawat/kumuh, seperti pengaturan kembali kawasan pertokoan, penghapusan bangunan-bangunan kumuh di tepi jalan, dan pemugaran monumen-monumen penting yang ada di sumbawa, seperti tugu kuda di kelurahan pekat, tugu di depan pasar Seketeng, tugu di simpang depan PLN, tugu di Simpang Bingung serta tugu di Bundaran Jam Gadang depan bank NTB Syariah. langkah-langkah ini diharapkan akan menghasilkan peningkatan signifikan dalam penampilan dan citra kota sumbawa, menciptakan lingkungan yang lebih bersih, tertata, dan memikat, serta memperkuat identitas dan kebanggaan masyarakat tana samawa.

3)        Fraksi PAN meminta pemerintah daerah sumbawa untuk segera mengambil tindakan dalam menertibkan parkir yang tidak teratur di sepanjang jalan-jalan protokol di kota sumbawa. langkah ini menjadi sangat penting untuk menjaga kelancaran lalu lintas, mengurangi kemacetan, dan memastikan keamanan bagi seluruh pengguna jalan.

4)        FRAKSI PAN meminta kepada pemerintah daerah sumbawa agar memberikan bantuan kepada masyarakat dalam menghadapi dampak dari fenomena el niño, yang menyebabkan kemarau berkepanjangan. Kami mendorong pemerintah daerah untuk bersiap siaga dalam mengatasi situasi kekeringan, terutama selama musim tanam saat ini. bantuan ini sangat penting agar petani kita tidak terhambat dalam usaha pertanian mereka dan untuk menghindari dampak serius terhadap ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat. kami berharap pemerintah daerah dapat segera mengambil tindakan dan langkah- langkah yang diperlukan untuk mengurangi dampak buruk dari kondisi ini dan membantu masyarakat dalam menghadapinya.

5)        Fraksi PAN dengan sungguh-sungguh mendesak pemerintah daerah dan dinas terkait untuk melakukan upaya keras dalam memberantas peredaran narkoba yang semakin masif di kabupaten sumbawa. kami sangat prihatin dengan fakta bahwa sumbawa saat ini telah menjadi sasaran “empuk” dalam peredaran narkoba. upaya ini adalah langkah yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya generasi muda. kami mendorong pemerintah daerah dan aparat kepolisian untuk bekerja sama dengan penuh determinasi dalam memberantas jaringan narkoba, menerapkan tindakan yang tegas, serta meningkatkan kesadaran dan edukasi masyarakat tentang bahaya narkoba. kita semua harus bersatu untuk melawan ancaman ini demi masa depan yang lebih baik bagi masyarakat kabupaten sumbawa.

6)        Fraksi PAN meminta kepada pemerintah daerah untuk segera mengambil langkah-langkah pencegahan guna mengendalikan maraknya kenakalan remaja, terutama tindakan brutal seperti membawa senjata tajam yang secara terang-terangan mengganggu kondusifitas masyarakat. kami sangat prihatin dengan perkembangan ini dan menganggapnya sebagai masalah serius yang memerlukan perhatian dan tindakan segera.

‘’kami mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan program-program pendidikan dan kegiatan positif lainnya bagi remaja di kabupaten sumbawa. selain itu, penegakan hukum yang tegas terhadap pelanggaran-pelanggaran tersebut perlu ditingkatkan, serta kerjasama antara pemerintah daerah, lembaga pendidikan, keluarga, dan masyarakat harus ditingkatkan agar dapat menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi perkembangan remaja. dengan bersama-sama mengambil tindakan proaktif, kita dapat mencegah tindakan kenakalan remaja yang merugikan masyarakat dan membentuk generasi muda yang lebih bertanggung jawab,’’ajak Jubir PAN.

7)        FRAKSI PAN meminta kepada pemerintah kabupaten sumbawa untuk segera mengambil langkah-langkah percepatan dalam pembangunan rsud sering. kami mengamati bahwa tingkat kunjungan pasien yang terus meningkat di rsud kabupaten sumbawa hampir mencapai kapasitas maksimal, sehingga penting untuk segera menyelesaikan pembangunan rumah sakit sering. kami berharap pemerintah kabupaten sumbawa dapat melakukan negosiasi yang cermat dengan kementerian kesehatan guna mempercepat pembangunan rsud sering. dengan demikian, pelayanan kesehatan yang lebih baik dapat segera tersedia bagi masyarakat sumbawa, dan kebutuhan kesehatan mereka dapat terpenuhi dengan lebih baik.

8)        Fraksi PAN meminta kepada pemerintah daerah untuk tetap konsisten dalam memastikan ketersediaan lpg 3 kg bagi masyarakat. kami menyadari bahwa ketersediaan dan harga lpg 3 kg dapat menjadi masalah bagi sebagian masyarakat yang memerlukan sumber energi ini. ‘’kami mendorong pemerintah daerah untuk terus bekerja sama dengan pihak terkait, termasuk distributor dan produsen LPG, guna memastikan pasokan lpg 3 kg mencukupi dan harganya tetap terjangkau bagi masyarakat. langkah-langkah ini sangat penting untuk menjaga keberlanjutan pasokan energi yang diperlukan oleh masyarakat, terutama yang berpenghasilan rendah. dengan upaya yang konsisten dalam memenuhi kebutuhan energi masyarakat, diharapkan akan tercipta stabilitas harga dan akses yang lebih baik bagi semua warga kabupaten sumbawa,’’terangnya.

9)        Fraksi PAN juga ingin mengingatkan pemerintah daerah akan pentingnya memperhatikan kondisi jalan di kabupaten sumbawa. kami melihat bahwa banyak jalan yang sudah rusak dan bergelombang, dan hal ini dapat menjadi potensi risiko kecelakaan bagi pengguna jalan. oleh karena itu, kami mengharapkan pemerintah daerah untuk memberikan perhatian serius terhadap perbaikan dan pengaspalan jalan, terutama di daerah seperti kecamatan Moyo Hilir, Simpang Moyo, jalur dari desa Ngeru menuju Lab Ijuk, jalur dusun Sampa’ ke Ai Ngelar, jembatan yang menghubungkan dusun sampa’ bawa dengan dusun sampa atas dan area lain yang membutuhkan perbaikan infrastruktur jalan.

10)      Terakhir Fraksi PAN dengan tekad yang kuat akan terus menyuarakan pentingnya perhatian pemerintah daerah terhadap perlindungan perempuan dan anak. kami menyadari bahwa meskipun telah sering kali kami menyuarakan hal ini, anggaran untuk meningkatkan perlindungan perempuan dan anak masih belum mencukupi, sehingga banyak program yang tidak dapat dijalankan sepenuhnya untuk mengurangi dan mengentaskan kekerasan dalam rumah tangga serta perlindungan anak-anak.

Anak-anak adalah aset berharga bagi masa depan bangsa, dan perlindungan mereka adalah tanggung jawab kita bersama. oleh karena itu, Fraksi PAN akan terus bekerja keras untuk memastikan bahwa pemerintah daerah mengalokasikan sumber daya yang cukup untuk program-program perlindungan perempuan dan anak. kami juga akan terus memantau dan mengawasi pelaksanaan program tersebut sehingga dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat.

‘’kami berharap agar perhatian terhadap perlindungan perempuan dan anak akan menjadi prioritas utama pemerintah daerah, karena ini adalah investasi yang sangat penting bagi masa depan yang lebih baik dan lebih aman bagi generasi mendatang,’’harap Jubir FPAN H. Mustajabuddin, S.Sos.(MSX/Parlementaria)

Komentar