Bupati Terima Kedatangan Jamaah Haji Kloter 5

Sumbawa261 views

Sumbawa, (mediasumbawa.com), – Jamaah Haji gelombang pertama yang tergabung dalam kloter 5 tiba di Kabupaten Sumbawa dan diterima langsung oleh Bupati Sumbawa selasa sekitar pukul 12.30 malam di halaman kantor Bupati Sumbawa,Senin (25/7)..

Sebelumnya para jamaah haji telah di terima di Asrama Haji dan disiapkan acara seremonial penerimaan oleh Kakanwil Kemenag NTB dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan  dan selanjutnya diberangkatkan menuju Kabupaten Sumbawa menggunakan 20 buah armada travel yang diiringi oleh pengalawan dari Polres Sumbawa, Sat. Pol.PP, Kemenag Kab. Sumbawa, Dinas Perhubungan, Ambulance, Bagian Kesra Setda Sumbawa, serta Kendaraan Dinas Asisten Pemerintah dan Kesra.

Adapun jumlah jamaah haji kloter 5 Kabupaten Sumbawa berjumlah 241 orang. Meninggal dunia 3 orang yang berasal dari Kecamatan Utan sebanyak 2 orang, dan 1 orang dari Kec. Sumbawa.
Beberapa jamaah haji juga telah di jemput oleh keluarga di Asrama Haji Lombok – Mataram sebanyak 7 orang dan yang turun di wilayah barat Kabupaten Sumbawa sebanyak 30 orang yaitu kecamatan Alas Barat sebanyak 10 orang, Kecamatan Alas 9 orang, Kecamatan Buer 5 orang dan Kecamatan Utan 6 orang sehingga total jamaah haji yang tiba di Kabupaten Sumbawa berjumlah 201 orang Jamaah Haji.

H. Varian Bintoro, S.Sos., M.Si selaku ketua rombongan menyampaikan bahwa selama berada di Tanah Suci Mekkah sebagian besar jamaah haji yang berasal dari Kabupaten Sumbawa adalah Lansia, akan tetapi pelayanan dari Kementerian Agama telah maksimal diberikan sekalipun ada beberapa kekurangan itu adalah hal yang wajar karena untuk mengatur ribuan orang jamaah itu cukup berat. Untuk petugas yang tergabung dalam kloter 5 telah bekerja sama dengan baik sehingga seluruh rangkaian ibadah bisa dilaksanakan.

Lebih lanjut H. Varian Bintoro menyampaikan bahwa 3 orang jamaah haji yang meninggal di Tanah Suci Mekkah telah menyelesaikan Rukun Haji. 

Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya menyampaikan Selamat Datang kepada Jamaah Haji yang telah menyelesaikan Ibadah Haji di tanah suci dan mengucapkan terima kasih karena seluruh jamaah dapat bekerja sama dengan baik dengan para petugas haji selama melaksanakan segala rangkaian haji. Selamat berjumpa dengan keluarga masing-masing dan mendapat haji yang Mabrur.

Acara penyambutan jamaah haji kloter 5 tersebut dihadiri juga oleh Kepala Kemenag Kab. Sumbawa, Kasdim 1607 Sumbawa, Asisten Administrasi Umum, Staf Ahli Bupati, para kepala OPD, Kepala Bagian, serta tokoh agama Kabupaten Sumbawa(ms/sp)

Komentar