Pansus DPRD Sumbawa Minta Pemda Aktifkan Program Bank Sampah

Sumbawa, mediasumbawa.com – Persoalan sampah yang masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa. Tak luput dari sorotan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Sumbawa.  Pengaktifan Program Bank Sampah coba ditawarkan pansus sebagai upaya menangani persoalan saat ini.

“Dengan inovasi tepat waktu, tepat wadah dan tepat angkut yang sangat diharapkan agar dapat dilakukan, sebagaimana mulai digalakkan oleh Kecamatan Sumbawa, sehingga permasalahan sampah ini bisa ditangani dengan sebaik-baiknya,” Demikian disampaikan Juru Bicara Pansus DPRD Sumbawa Adizul Syahabuddin dalam Sidang Paripurna DPRD Sumbawa, Selasa (18/7/23).

Sidang Paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq tersebut mengagendakan Penyampaian Laporan Panitia Khusus DPRD Kabupaten Sumbawa terhadap 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Tahun 2023; Pembacaan Rancangan Keputusan DPRD Kabupaten Sumbawa tentang Persetujuan Penetapan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 Menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa, dan Pembacaan Rancangan Keputusan DPRD Kabupaten Sumbawa tentang Persetujuan Penetapan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa, serta Penyampaian Pendapat Akhir Bupati Sumbawa.

Selain soal sampah, Pansus juga meminta Pemda megantensi nasib tenaga honorer (atau tenaga kontrak) yang rencananya akan dihapus pada tahun 2023, Pansus berharap agar Pemerintah Daerah dapat menyikapi persoalan ini dengan bijak dan mencarikan solusinya dengan berkoordinasi dan melakukan komunikasi intens dengan Pemerintah Pusat. (MS/Parlementaria*)

Komentar