Ketua DPRD Sumbawa Support Budidaya Vanili Desa Kelungkung

Parlementaria135 views

Sumbawa, mediasumbawa.com – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Sumbawa bersama kelompok Tani Vanilinesia Sumbawa menggelar program Tanam Perdana Budidaya Tanaman Vanili di Desa Kelungkung Kecamatan Batu Lanteh,  Senin (5/6/2023)

Ketua DPRD Abdul Rafiq menyampaikan motivasi-motivasi,dan support atas prospek dari budidaya tanaman Vanili. “Budidaya Tanaman Vanili membutuhkan syarat dan klimatologi yang pas, sehingga dapat tumbuh dengan subur. Baik dari sisi ketinggian di atas permukaan laut (dpl) jenis tanah (unsur hara) dan perawatan yang intensif. Saat ini kebutuhan dan harga di pasaran pun ini relatif bagus dan diminati oleh orang-orang luar” Ucapnya.

Kemudian lanjutnya, Kami siap mensupport misalnya dari segi pembibitan. Disamping budidaya tanaman vanili, saya lihat kawasan Desa Kelungkung bagus menjadi kawasan terintegrasi dengan kegiatan produktif yang lain seperti perkebunan, peternakan Perikanan dan pariwisata. “Ini adalah kawasan yang bagus untuk dipadukan dengan perkebunan, perikanan dan peternakan. Seperti peternan ayam petelur, kenapa ayam petelur? Karena daerah kita masih mensuplay kebutuhan dari luar. Kita belum mampu memenuhi kebutuhan dari hasil produksi dari dalam daerah kita” Imbuhnya.

Kemudian lanjutnya, Kami memberikan apresiasi kepada Pemuda Pancasila Kabupaten Sumbawa beserta seluruh jajaran aparatur Desa, kecamatan dan pemerintah daerah yang telah mendorong secara aktif program ini kehadiran kita tentunya menjadi semangat bagi para petani vanili.

Acara dilanjutkan dengan penanaman perdana tanaman vanili secara bersama-sama dengan pengurus MPC Pemuda Pancasila, Bagian Kesra Setda Sumbawa, Kepala Desa Kelungkung dan 5 Kelompok Tani Vanilinesia Sumbawa Majelis Taklim, Wanita Tani, Mahasiswa KKN UTS, Pemerintah Desa, Polri dan Tokoh masyarakat.

Ditambahkan oleh Ketua Kelompok Tani Vanilinesia Sumbawa Agus Irawan Syahmi bahwa Budidaya Vanili adalah alternatif yang mencerahkan sebagai solusi atas fluktuatifnya komoditas Padi dan Jagung yang belum maksimal meningkatkan ekonomi petani.

“Sumbawa memiliki sumberdaya alam, lingkungan dan cuaca yang relatif cocok untuk budidaya vanili. Petani Sumbawa perlu didampingi untuk berani membuat diversifikasi tanaman dengan komoditas vanili karena lebih menjanjikan dari harga yang terus meningkat di samping permintaan pasar dunia yang belum terpenuhi maksimal. Karena itulah Kelompok Tani Vanilinesia mencanangkan kegiatan penanaman vanili bekerjasama dengan MPC Pemuda Pancasila kabupaten Sumbawa.

Kemudian lanjut Ais akrab disosisi Pemuda Pancasila adalah mitra strategis dalam pemberdayaan petani dengan supporting pembinaan kelembagaan.

Tentu kami berharap agar program ini mendapat dukungan serius dari semua komponen untuk menangkap peluang ekspor vanili yang terbuka sebagai peluang yang menantang, apalagi harga jual di pasar global sangat menjanjikan (3 – 6 juta/kg).

“Sementara bibit dan fasilitas penunjang lainnya Insyaallah disupport langsung oleh Ketua DPRD karena sejalan dengan visi peningkatan kesejahteraan rakyat yang berbasis pertanian. Ditambah jaringan pemasaran sudah kami jalin hingga saat panen nanti Insyaallah bisa disalurkan ke pasar global” Pungkasnya.

Ditempat yang sama Ketua MPC PP Burhanuddin Salengke berharap agar kelompok tani Vanilinesia Sumbawa dapat menjadi model Kelompok Tani yang modern dan bisa bersinergi dengan komponen lainnya.

Diketahui bahwa Kelompok Tani Vanilinesi beranggotakan 25 orang dengan Pengurus Agus Irawan Syahmi sebagai Ketua, Jaka Halim sekretaris dan Hamsil CT sebagai bendahara.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, Ketua MPC Pemuda Pancasila Burhanuddin Salengke, Kepala Desa Kelungkung, dan bagian Kesra Pemda Sumbawa. Juga hadir Anggota Majelis Taklim, Wanita Tani, Mahasiswa KKN UTS, Polri dan Tokoh masyarakat setempat. (MS/Parlementaria)

Komentar