H.Ruslan PKB Minta Pemda Sumbawa Bangun Jembatan Sepakat

Parlementaria127 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Jembatan penghubung Desa Sepakat Kecamatan Plampang dengan kawasan pertanian didesa itu dalam kondisi rusak. Kondisi ini menghambat kelancaran arus saprodi pertanian. Hal ini, juga diperparah dengan kerusakan ruas jalan di kecamatan Plampang.

Anggota Komisi IV DPRD Sumbawa, H Ruslan yang ditemui Selasa (23/5) menerangkan jembatan tersebut berupa jembatan limpas. Namun kini kondisi jembatan tersebut tak lagi sesuai dengan luas bentangan dan lebar sungai. “Sudah tak cocok jembatan limpas. Sudah saatnya diganti dengan jembatan konvensional,” papar Ruslan.

Lebih lanjut politisi dari PKB ini menambahkan kondisi jembatan tersebut sudah dilaporkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bahkan kementerian itu bersama dinas terkait telah turun kelapangan untuk mengecek lokasi.

Dari hasil turun kelapangan itu ungkap Ruslan, pembangunan jembatan konvensional tersebut diperkirakan sebesar Rp 10 miliar.

“Sekilas anggarannya terlihat besar. Tapi sangat sebanding dengan luas lahan pertanian dikawasan itu yang mencapai ribuan hektar,” paparnya.

Selain sebagai jembatan penghubung ke kawasan pertanian, jembatan tersebut juga menjadi penghubung menuju sejumlah desa dan dusun seperti ke Dusun Kuang Sampar. “Petani dan warga disana sangat berharap pembangunan jembatan ini diprioritas pada tahun ini.

#Kerusakan Jalan di Kecamatan Plampang

H Ruslan mengungkap bahwa infrastruktur jalan baik berstatus jalan negara, provinsi maupun kabupaten di Kecamatan Plampang banyak yang rusak.

Dikatakannya, dari 11 desa di Kecamatan Plampang hanya sebagian kecil jalan didesa tersebut dalam kondisi baik. Selebihnya berlubang, berdebu dan tidak lagi beraspal.

Ia mencontohkan ruas jalan memuju Desa SP dan Desa Prode yang saat ini dalam kondisi memprihatinkan.

Lanjutnya anggota Komisi IV ini, kondisi jalan yang rusak tersebut tak mampu menopang perekonomian desa dan tranportasi komoditi produk pertanian. “Saya selaku wakil rakyat dari Kecamatan Plampang meminta dinas terkait turun langsung melihat kondisi jalan yang rusak itu kemudian segara lakukan pembenahan,” pinta H.Lodot. (MS/JK/(Parlementaria)

Komentar