Ahdar : Empat Hal Prioritas Pembangunan Batu Lanteh

Parlementaria182 views

Sumbawa – mediasumbawa.com – Kecamatan Batu Lanteh Kabupaten Sumbawa, menjadi salah satu wilayah patut menjadi prioritas pembangunan pemerintah kabupaten Sumbawa. Empat hal yang saat ini menjadi prioritas pembangunan kecamatan tersebut, seperti air bersih, Perbaikan Infrastruktur jalan, sekolah reguler hingga Bank Sampah.

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Ahdar dari Fraksi PKS yang berasal dari Kecamatan Batu Lanteh selepas Paripurna Pansus DPRD terhadap LKPJ Bupati Sumbawa tahun 2022, mengapresiasi kerja Pansus LKPJ dan beberapa Rekomendasi DPRD Kabupaten Sumbawa,  Selasa (9/5/2023) di Gedung Dewan.

“Apa yang menjadi Rekomendasi dan laporan Pansus DPRD kami sangat apresiasi dan diharapkan menjadi referensi Pemda dalam membuat kebijakan, termasuk di Kecamatan Batulanteh bagian dari Dapil Saya, ada yang urgen untuk menjadi perhatian Pemerintah Daerah baik Kabupaten, Provinsi maupun Pusat,” terang  Ahdar dari Fraksi PKS ini

Menurutnya, berkaitan dengan masalah kebutuhan air bersih yang ada di Dusun Kelungkung memang setiap tahun dibantu dari beberapa periode DPRD, tetapi sampai dengan hari ini, di Dusun Klungkung itu tetap juga kekurangan. Oleh karena itu dirinya mengusulkan kepada pemerintah daerah agar bisa membuat perencanaan lewat PUPR ataupun PRKP untuk membangun jaringan perpipaan air bersih yang baru yaitu tidak melewati jaringan yang dipakai sekarang oleh masyarakat, karena tekanannya keras yang membuat pipa mudah pecah., dalam arti lewat jalur lain yang lurus dari tempat pengambilan air ke Kelungkung.

“Nanti ketika itu air bersih itu bisa terbangun, bukan hanya Dusun Kelungkung saja yang akan mendapatkan manfaatnya, namun sepanjang jalan dari Kelungkung itu jalan lurus yang menuju ke Batu lanteh termasuk wilayah Pelat, Uma Buntar, juga bisa dimanfaatkan sampai simpangan Kelungkung yang sekarang sudah mulai terdeteksi terbangun sebuah Pemukiman. Dengan adanya air itu maka mereka tidak sulit lagi untuk mendapatkan air bersih”Urai Ahdar yang akan maju kembali menjadi caleg dari PKS di dapil 4 mendatang.

Kemudian lanjut Ahdar, sekarang di Batulanteh pembangunan jalan sudah sampai ke Tepal, tentunya berkat perjuangan bersama teman -teman di DPRD dan juga atas perjuangan pak Gubernur NTB selaku Pemerintah Provinsi yang melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat.

“Alhamdulillah jalan ke Tepal sekarang sedang dikerjakan dan Insya Allah itu akan hotmix pada akhirnya nanti” Ungkap Ahdar

“Hal penting pula bahwa kemarin sudah ada perencanaan untuk ruas jalan Tepal ke Batu Rotok, mudah-mudahan lewat pemerintah daerah sekarang bisa mendorong lebih kuat lagi karena itu akan menggunakan dana Pusat maupun Provinsi yang panjangnya 9 sampai 10 kilometer termasuk jembatan”Harap Ahdar.

Masih kata Ahdar yang saat ini di komisi III DPRD, terkait sekolah filial atau Satu Atap (Satap), di Batulanteh juga ada SMP Satap, dan kami dorong SMP Satap tersebut menjadi reguler jika memenuhi syarat untuk dipisahkan demikian pula SMP Satap lainnya di Kabupaten Sumbawa.

“Kami bersuara ini dengan harapan dapat didengar oleh Pemerintah Daerah dan pihak terkait lainnya, agar jangan sampai ada bahasa di belakang bahwa Batu Lanteh “belum merdeka” Tandas Ahdar yang juga tokoh Masyarakat Tepal ini.

Mengingat masalah sampah yang diangkat oleh Ahdar saat rapat Pansus Amarmedia meminta penjelasan lebih, menurut Ahdar masalah sampah di Desa Pelat ini agak krusial, Karena posisi tempat pembuangan sampah (TPS) ada diatas (lebih tinggi dari pemukiman) nya jika ada hujan maka akan mengalir ke bawah menuju pemukiman, ini perlu dibenahi, demikian juga jalan masuk juga masih sempit oleh karena itu ke depannya kami berharap supaya tidak menjadi masalah, agar dibangun Bank Sampah yang dapat mengolah sampah Organik menjadi pupuk mapun yang non organik seperti plastik menjadi barang daur ulang. Karena disekitar TPS banyak lahan perkebunan. Ketika teman teman masyarakat dan petani ini diajak mengolah sampah maka perlu juga diawali dengan pembinaan”Pungkasnya.(ms/AMR/Parlementaria Kerjasama Bagian Humas Sekretariat DPRD Sumbawa dengan Mediasumbawa.com)

Komentar