Persiapan MXGP Samota 2023, Pemda Sumbawa Galakkan Sport Tourism

Olahraga286 views

Sumbawa, (mediasumbawa.com) – Pelaksanaan Moto Cross Grand Prix seri 10 tahun 2023, dijadwalkan akan berlangsung 24-26 Juni 2023 di Sirkuit Samota Sumbawa, NTB, Indonesia. Selaku Tuan rumah, Sumbawa terus mematangkan persiapan jelang 3 bulan kedepan. Untuk mengulang sukses event tahun 2022 lalu, Pemda Sumbawa Sumbawa akan menggalakkan sport tourism, di samping didukung wisata Hiu Paus yang mendunia, juga wisata budaya dan kuliner.

Asisten II Sekda Sumbawa, Lalu Suharmadji ST sekaligus Komandan Lapangan, Selasa (18/4/2023), memastikan persiapan pemantapan. Pihaknya sudah beberapa kali menggelar rapat dengan tim propinsi, PT Carsten selaku penyelenggara dan PT. SEG—perusahaan pemegang hak penyelenggaraan MXGP. “Sudah hampir tiga bulan ini kami terus berkoordinasi,” kata Mamiq Suharmadji—sapaan akrabnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (18/04).

Selain dengan pihak penyenggara, ungkapnya, koordinasi juga dilakukan dengan pihak hotel untuk kesiapan akomodasi pembalap maupun kru. Seperti MXGP 2022, tetap ada 6 hotel yang diplot. Yaitu Hotel Sumbawa Grand, Kaloka, Grand Samota, 99 Balong, Transit Hotel dan Seaside Hotel.

Mengingat MXGP juga dilaksanakan di Lombok, Juli 2023 atau beberapa minggu setelah di Samota, lanjutnya, pihaknya akan mengadakan berbagai event yang menarik minat orang untuk datang ke Sumbawa. Memang secara akomodasi dan lainnya, Lombok lebih unggul daripada Sumbawa. Namun yang membuat berbeda adalah sirkuitnya. Samota merupakan sirkuit terbaik di dunia. Karena itu Sumbawa akan menggalakkan sport tourism, di samping didukung wisata Hiu Paus yang mendunia, juga wisata budaya dan kuliner.

Setelah liburan Lebaran Idul Fitri, persiapan semakin dimantapkan mulai dari kesiapan tenaga kesehatan, tenaga kebersihan, dan keamanan, termasuk tim peserta MXGP. “Untuk tim peserta akan diketahui setelah MXGP Seri 9 di Argentina, berapa tim yang akan ikut dan dari negara mana. Kita tunggu release resmi dari Infront tanggal 27-28 April,” imbuhnya.

Selanjutnya penyelenggara akan memobilisasi peralatan dan lainnya paling telat 1 Juni 2023. Untuk mobilisasi, saat ini truk besar yang akan digunakan sebagai armada masih terkendala mudik. Rencananya MXGP akan dilaunching di Hotel Sarinah, Jalan Thamrin, Jakarta, 14 Mei mendatang. (MS/SR)

Komentar