Soal Banjir Empang, Berikut Pendapat Dewan Dapil III !

Parlementaria160 views

Sumbawa, mediasumbawa.com-  Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa dari Daerah Pemilihan (Dapil ) III siap memberikan  atensi terkait penanggulangan bencana banjir di wilayah timur. Muhammad Nur, S.Pd.I. mengatakan,   terjadinya bencana secara rutin, berarti ada yang salah dengan keseimbangan ekosistem. “Inilah Momentumnya untuk kita bersama – sama bergotong royong melakukan ikhtiar perbaikan lingkungan kita,” Jelas politisi PPP ini.

Ia menyebut solusi dari persoalan tahunan ini, adalah melaksanakan program  reboisasi. Untuk mengawal ini, maka di sinilah peran pemerintah daerah  maupun provinsi dalam menjalankan program penghijauan. “Anggarkan untuk reboisasi melalui penyiapan bibit pohon,  berikan insentif yang menarik bagi pemilik lahan dan masyarakat yang memiliki karya dalam menghijaukan kembali lahan perbukitan dan ladang di hulu desa,”katanya.

Karena persoalan ini begitu kompleks, ia juga berharap peran serta dari masyarakat. Ia mengajak masyarakat  tani berkenan membangun kesadaran masif dan kolektif, dengan menerapkan sistem tumpang sari pada ladang ladang mereka  dengan tanaman konservasi. Seperti Randu, Gamal, Mente dan tanaman pohon berakar tunggang lainnya yang mampu menyerap air dan menahan sedimentasi. Dengan demikian sedikit banyak   ikhtiar bersama ini,  akan berkontribusi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan.Kemudian lanjutnya, sambil berjalan secara pararel, maka langkah pendek, menengah dan jangka panjang sudah harus mulai dilakukan.  Seperti Rajin membersihkan saluran air, normalisasi sungai, pelebaran sungai, penguatan tebing sungai sampai pembuatan  kontruksi Parapet, dengan langkah-langkah  ini maka dapat mengurangi potensi meluapnya air hingga ke pemukiman dan perkotaan.Hasanuddin

Sama dengan Muhammad Nur, Hasanuddin HMS dewan Dapil 3 dari Golkar ini mengakui terus mensupport langkah Pemda dalam  penanganan  tanggap darurat bencana. “Saya  tidak mengesampingkan peran anggota DPRD lainnya, bahkan  berharap seluruh anggota DPRD dari Dapil 3 bersatu untuk melakukan hal terbaik bagi permasalahan dan dampak banjir ini,” Ujar politisi Golkar ini. “Andaikan seluruh anggota DPRD dapil 3 bersatu, mendistribusikan Pokirnya untuk ini, saya yakin permasalahan banjir akan terurai dan sedikit demi sedikit teratasi,”imbuhnya.

 

Dewan Gerindra,  Muhammad Faesal, menyebut,  solusi mengatasi banjir yakni perlunya penghijauan di daerah hulu  DAS Sungai. “Saya lebih memilih untuk membuat regulasi, kebijakan dan penganggaran untuk reboisasi, karena itu adalah tameng kita dalam menangkal banjir,” demikian Sekretaris DPC Gerindra Sumbawa ini. (MSE/Kerjasama publikasi media antara Bagian Humas Sekretariat DPRD Sumbawa dengan mediasumbawa.com )

Komentar