Ketua DPRD Sumbawa : Penempatan PPPK Hendaknya Sesuai Formasi

Parlementaria287 views

Sumbawa, mediasumbawa.com – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di kabupaten Sumbawa, masih menghadapi beberapa persoalan dalam penempatannya. Seperti, berbedanya formasi yang dilamar dengan penempatan kerja. Ada juga yang dinyatakan lulus namun tanpa formasi penempatan.

Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq, SH mengetahui persoalan tersebut baik dari tenaga PPPK sendiri maupun dari hasil audiensi dengan Dewan Pendidikan kabupaten Sumbawa yang dilaksanakan diruang kerjanya, Jum’at (17/3/2023).

“Kami telah mendapatkan informasi melalui media maupun kawan kawan dari Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa terkait dengan adanya tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja,’’ ucap Rafiq di Sumbawa (18/3/2023).

Terhadap permasalahan ini ujar Rafiq, perlu menjadi attensi Pemerintah Daerah agar   penempatan PPPK  Tenaga Guru yang sudah lulus sebelumnya dapat sesuai dengan kebutuhan dan posisi awal yang dilamar, jika ada ruang dan kewenangan Daerah untuk mengatur penempatan tersebut maka sebaiknya segera dilakukan, sebab daerah lebih mengetahui kebutuhan tenaga guru di masing- masing sekolah.

Ketua DPRD Abdul Rafiq menyampaikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang merupakan stakeholder terkait penempatan guru PPPK yang sudah lulus tetapi penempatannya tidak sesuai dengan formasi awal ketika peserta mengisi syarat untuk mengikuti tes PPPK maka sebaiknya Dinas Pendidikan memberikan penjelasan terkait masalah penempatan ini.

“Penempatan guru-guru PPPK saat ini menjadi polemik diluar sana yang tidak sesuai dengan harapan para pelamar seharusnya penempatan tersebut sesuai dengan tempat mereka tinggal,  guru merupakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mendidik generasi masa depan kita nantinya,” ucap Rafiq dengan menambahkan, Pemda perlu menginventarisir data terlebih dahulu untuk tahap pertama yang bermasalah terkait penempatan, kemudian bisa berkoordinasi ke Kementerian apakah masalah penempatan ini bisa diserahkan ke daerah saja” Pungkasnya. (MSE/Kerjasama publikasi media antara Bagian Humas Sekretariat DPRD Sumbawa dengan mediasumbawa.com )

Komentar