Mencegah Stunting melalui Program DAMMIL 33

Sumbawa163 views

Sumbawa, mediasumbawa.com- Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mengingatkan para bidan senantiasa berkolaborasi dalam tatalaksana masalah gizi untuk menurunkan stunting balita dan Angka Kematian Ibu (AKI) serta Angka Kematian Balita (AKB). Untuk Stunting, IBI mensosialisasikan Program DAMMIL 33  (Dampingi Ibu Hamil Trimester 3 Selama 3 Bulan)

Bupati Sumbawa yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa, Bapak Lalu Suharmaji Kertawijaya, ST membuka acara rapat yang diadakan oleh IBI kabupaten Sumbawa, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Ketua IBI atas terlaksanannya kegiatan ini. “Kehadiran kita semua disini merupakan tugas kita dalam pelayanan masyarakat, ”kata L.Suharmadji, Senin (13/3/2023) di Aula lantai I Kantor Bupati Sumbawa.

Asisten menambahkan bahwa Stunting ini merupakan program nasional, dimana hal tersebut menjadi 7 program penting yang disampaikan oleh Presiden RI pada saat rapat di Setul, yang juga dihadiri oleh semua Gubernur, Bupati dan jajarannya. Mengingat bahwa penurunan angka stunting ini adalah merupakan program nasional yang tidak boleh dilupakan maka dari itu didalam APBD Des itu di haruskan memiliki anggaran untuk pencegahan stunting ini.

Kabupaten Sumbawa yang terdiri dari 157 Desa, lebih kurang 100 desa berada di wilayah pesisir dan rata-rata wilayah pesisir ini adalah wilayah-wilayah yang tertinggal. Padahal wilayah tersebut memiliki potensi yang sangat luar biasa. Dapat dikatakan bahwa dari segi keuangan di wilayah tersebut tidak kekurangan dikarenakan memiliki hasil panen yang cukup, namun mereka tetap membutuhkan perhatian seperti bagaimana mengelolah sanitasi, lingkungan dan asupan gizi untuk anak-anak mereka.

Untuk Dinas Kesehatan Ia berharap agar kegiatan posyandu tetap berjalan lancar karena ponyandu ini merupakan bagian yang sangat penting dalam mendukung program stunting(penurunan angka stunting). Dari data yang diperoleh, bahwa prevalensi stunting dalam 10 tahun terakhir menunjukkan bahwa stunting merupakan salah satu masalah gizi terbesar di Indonesia. Semoga dari rapat ini nantinya dapat menghasilkan salah satu program yang bisa mendukung dalam upaya kita bersama dalam menuntaskan stunting di Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas PMD, beberapa kepala OPD terkait/yang mewakili, Ketua IBI dan jajarannya, serta Kepala Desa dan Bidan yang berasal dari Lokus Stunting.(MSX)

Komentar