Kapal Pesiar Le Laperouse dengan 143 Wisman Sandar di Pelabuhan Badas Sumbawa

Pariwisata475 views

Mediasumbawa.com – Sumbawa (10/03/2023) – Kabupaten Sumbawa dikunjungi oleh kapal pesiar, kali ini di Pelabuhan Badas.  Ini merupakan momentum awal terbukanya kunjungan cruise di Pelabuhan Badas  untuk tahun 2023. Kapal Pesiar  Le Laperouse   memiliki panjang (LOA) 131.46 meter, lebar 18  meter,  GT 9976 dengan draught 4.7 meter. Kapal tersebut dimuati 143  penumpang wisatawan mancanegara (Wisman)  dan  132 kru.(crew). MV.Le Laperouse Berbendera Kebangsaan France dan Nakhoda Kapal Loduvic Theophile Jose Provost.

Objek wisata yang akan dikunjungi meliputi  ke Desa Pamulung untuk melihat prosesi barodak, Prosesi Nikah adat dan melihat tarung adat “KARACI” Sumbawa sehingga bisa mengenal Tradisi dan juga adat istiadat kabupaten sumbawa.

General Manager Pelabuhan Badas, Kunto Wibisono menyatakan pihaknya sangat menanti kedatangan kapal pesiar  Le Laperouse  dan telah menyiapkan sambutan terbaik untuk kedatangan para penumpang yang tiba di Pelabuhan Badas. “Datangnya kapal pesiar  Le Laperouse  ke Pelabuhan kami, merupakan sinyal positif dalam bisnis cruise ini, tentunya kami akan melayani dengan servis terbaik.” Ujar Kunto.

“Kami dan masyarakat di Kabupaten Sumbawa  Khususnya UMKM dalam hal meningkatkan pariwisata yang selalu berkolaborasi dengan pelaku ekonmi kreatif akan mempromosikan hasil produk lokal masyarakat kabupaten Sumbawa Berupa Hasil hasil kerajinan dan lain sebagainya, kami bersama-sama menyiapkan diri dalam persiapan kedatangan para wisatawan mancanegara yang pastinya sudah rindu untuk melancong kembali ke Kabupaten Sumbawa ini.” Tambah Kunto.

Instansi terkait meliputi Dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa , KSOP, Pelindo, KKP, PT  Sumbawa Tours ,Anggota Lanal, Anggota KP3 Laut menyatakan siap mendukung keamanan dan kelancaran operasional pelayanan pesiar dimaksud.

Ini merupakan kali  pertama setelah pandemi Covid-19, kapal pesiar berkunjung ke Kabupaten Sumbawa. Semoga ini menjadi momentum berkesinambungannya kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Badas dan dapat meningkatkan kembali perekonomian pariwisata di Kabupaten Sumbawa (Msx)

 

Tentang Pelindo Badas  :

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia. Pelindo menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

 

Komentar