Inilah Sosok M. Iqro Syaputra, Pelari Sumbawa yang Raih Dua Emas Atletik

Pendidikan156 views

SUMBAWA-mediasumbawa.com-  Prestasi yang sangat luar biasa ditorehkan Muhammad Iqro Syaputra pada Pororov NTB ke-XI 2023 yang berlangsung sejak 18 hingga 26 Februari. Atlet atletik Kabupaten Sumbawa asal SMA Negeri 2 Sumbawa ini berhasil meraih dua medali emas di dua nomor lari. Nomor 1500 meter dan 5000 meter.

Iqro adalah anak pasangan dari Hendra Sidik dan Nurwahidah Ahmad. Remaja kelahiran 29 November 2004 itu tinggal di wilayah pantai Jempol Desa Labuhan Sumbawa.

Kata Iqro, lari sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Dia sudah mulai berlari sejak usia SD. Meskipun hanya sebatas lari di pantai tanpa adanya program dan bimbingan. Bakatnya dalam berlari terus diasa secara mandiri sebelum akhirnya dia bergabung dengan club’ lari Mayung Bulaeng Samawa di bawah asuhan Supiati. Iqro sudah mendapat ilmu dasar berlari di usia kelas 2 SD. Cluub’ Mayung akhirnya vakum akibat ditinggal Supiati yang pindah domisili ke luar daerah.

Kemampuan berlari Iqro akhirnya benar-benar meningkat pesat setelah ikut latihan bersama Suwandi mulai di tahun 2018 awal. Hingga akhirnya bergabung dengan one_rush yang terbentuk di awal 2019. Club’ Komunitas lari binaan Suwandi, atlet atletik spesialis jarak jauh Kabupaten Sumbawa. Selama latihan bersama Suwandi, Iqro mendapat banyak ilmu. Khususnya terkait tekhnik lari, hingga beragam program lari sesuai kebutuhannya. Misalnya program lari jarak jauh, jarak menengah, hingga lari cepat. Termasuk tekhnik penguatan otot.

Untuk mengejar prestasi menurut remaja hitam manis ini, kunci utamanya adalah disiplin dan konsisten. Itulah yang selama ini selalu dilakukannya. Terlebih dengan statusnya yang saat ini masih pelajar. Dia harus bangun lebih pagi untuk menuju lintasan di Cendrawasih berlatih bersama Suwandi.

Menghadapi Porprov ke XI 2023, apa persiapan khusus yang telah dilakukan ? Iqro mengaku fokus menuntaskan setiap menu program yang diberikan Suwandi yang memang berbeda-beda setiap harinya.

“Datang latihan ke lapangan pagi dan sore setiap harinya bersama coach Suwandi,” katanya kepada wartawan media ini.

Berhasil meraih medali emas di Porprov NTB menurut remaja yang berniat menjadi Polisi ini adalah targetnya. Karena bukan hanya akan menjadi kepuasan tersendiri maupun keluarga. Namun juga bertekad memberikan yang terbaik untuk daerah dan club’ komunitasnya.

“Alhamdulillah bisa tampil maksimal. Terimakasih kepada semua pihak yang telah mensupport saya. Terutama untuk KONI Sumbawa dan PASI Sumbawa. Dan spesial untuk coach Suwandi yang telah memberikan saya program latihan selama ini. Begitu juga untuk teman-teman one_rush. Tidak ketinggalan terimakah kepada kak Supiati yang telah mengenalkan tekhnik dasar berlari saat bergabung di club’ Mayung Bulaeng Samawa,” katanya.

Diusianya yang masih remaja, prestasi yang sudah ditorehkan Iqro memang cukup banyak. Antaralain menjadi yang tercepat kedua pada kejurnas antar pelajar. Podium pertama pada ajang student athletic championship (SAC) se Bali Nusra dan Runner up di tinggkat nasional. Dia juga berhasil meraih podium dua di young talent Borobudur tahun 2022 lalu bersaing dengan atlet dari seluruh Indonesia lainnya. Iqro bertekat akan terus disiplin berlatih. Sehingga ke depan dia bisa mengharumkan nama daerah bukan hanya di tingkat nasional. Namun hingga internasional. (Msn)

Komentar