Sedekah Ponan Memperat Tali Silaturrahmi

Pariwisata243 views

Moyo Hilir, Sumbawa (mediasumbawa.com) – Masyarakat desa Poto kecamatan Moyo Hilir melaksanakan sedekah Ponan sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan hasil pertanian yang diberikan oleh Allah SWT. Acara sedekah Ponan ini merupakan agenda tahunan masyarakat setempat bahkan juga dihadiri oleh keluarga dari  luar desa tersebut.

Ketua MUI Kabupaten Sumbawa  Dea guru Syukri Rahmat, S.Ag mengatakan, Hikmah yang dapat diambil dari acara Sedekah ponan ini adalah sebagai rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah memberikan limpahan rahmatnya kepada kita semua, termasuk kepada para petani yang tentunya sangat berharap bahwa pertumbuhan padinya akan menjadi lebih baik sehingga hasil panennya nanti akan melimpah.

‘’acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara masyarakat yang ada di luar desa poto maupun yang ada di dalam desa poto, tujuan berikutnya adalah ada isyarat untuk kita selalu mencintai alam atau lingkungan yang tentu seluruh bahan makanan atau pembungkus berasal dari alam,’’ DG Syukri Rahmat saat membuka acara sedekah Ponan di desa Poto kecamatan Moyo Hilir (16/02/23) .

Ia  menerangkan sesungguhnya kita berdoa kepada Allah bukan kepada kuburan cuma di sini tempatnya, mudah-mudahan dengan adanya acara ini akan memperkuat nilai adat budaya kita yang berpedoman kepada adat barenti lako Sara, Sara berenti lako kitabullah.

Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan, dalam menentukan pesta ponan ini tergantung bagaimana dari keadaan cuaca serta kondisi tanaman padi Kapan mulai ditanamnya.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa akan berupaya untuk melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata agar event seperti sedekah ponan ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya dan Bupati meminta agar acara pesta ponan ini untuk terus diekspos oleh media cetak atau elektronik ke masyarakat agar pesta ponan ini lebih dikenal. (msx)

Komentar