Ketua DPRD Sumbawa : Budaya Sedekah Ponan Perlu Dilestarikan

Parlementaria131 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com- Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, SH,. mendukung dan mensupport tradisi budaya Ponan yang digelar di Desa Poto, Kecamatan Moyo Utara dapat dilakukan secara terus menerus setiap tahunnya. Budaya Ponan patut dilestarikan karena menjadi daya tarik serta ciri khas tersendiri bagi 3 Desa di Moyo Utara disamping dapat menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Sadeka (sedekah)Ponan adalah kekayaan budaya yang dimiliki daerah kita, dengan terlaksananya kegiatan ini setiap tahunnya membuktikan bahwa adat ini memiliki daya pikat, daya juang dan tentunya manfaat yang besar bagi warga masyarakat setempat yang menggelar sadeka ponan ini” ujar Rafiq kepada media ini, Kamis (16/02/2023).

Keyakinan yang ada dalam hati masyarakat bahwa sadeka ponan merupakan perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT atas segala anugerah yang diberikan.

Dengan melaksanakan sedeka Ponan ini kata Rafiq, masyarakat Desa Poto, Desa Malili dan Desa Lengas adalah warga yang pandai bersyukur sehingga dengan rasa syukurnya diyakini akan bertambah anugerah yang diberikan oleh Allah yang Maha Kuasa dan ini adalah modal utama tradisi Ponan ini tetap lestari.

Keberadaan budaya ini jelas Rafiq, diharapkan dapat dikembangkan menjadi pusat kajian keilmuan sekaligus membangun basis pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Sumbawa.

“Keberadaan khasanah kekayaan budaya di sekitar lokasi Unter Ponan meliput Desa Poto, Malili, dan Lengas dengan tenun lokal dan juga kesenian tradisionalnya Sakeco, Lawas akan menemukan momentum perkembangan kebudayaan sebagai pelestari ataupun dalam upaya memberi sumbangsih terhadap peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkap Rafiq.

Keberadaan penetapan Desa Budaya dan Desa Wisata harus ada sehingga dibutuhkan sentuhan dari Pemerintah Daerah sebagai penguat dan juga pengungkit pertumbuhan ekonomi masyarakat, langkah- langkah yang dilakukan juga erat dengan inovasi Daerah dalam merencanakan, melaksanakan hingga mempromosikan keluar daerah hingga ke manca negara. Dengan demikian kemeriahan pesta dan Sadeka Ponan ini mampu memberikan nilai tambah bagi perekonomian warga, Pungkasnya.(msx/*Kerjasama Publikasi Media Bagian Humas Sekretariat DPRD dengan Media Sumbawa )

Komentar