PO DAMRI dan Perhubungan Diminta Akomodir Transportasi  Wilayah Selatan Sumbawa

Parlementaria133 views

Sumbawa Besar, Mediasumbawa.com – Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq berharap keberadaan Damri Perintis yang merupakan layanan angkutan di beberapa rute pelosok tanah air, dapat tersedia untuk semua wilayah 3TP (Tertinggal, Terluar, Terpencil, dan Perbatasan).

Mengingat terbatasnya armada angkutan umum yang ada saat ini. Ketua Rafiq meminta agar Bis Damri Perintis dapat hadir untuk rute Selatan Kabupaten Sumbawa.

Wilayah selatanMenurut Ketua Rafiq, Saat ini kondisi di wilayah Kecamatan Lantung, Ropang dan sekitarnya membutuhkan armada angkutan umum menuju Mataram, karena untuk mengirim paket dan mengantar anak kuliah masih kesulitan.

“Sudah banyak orang warga dari bagian selatan sumbawa ini yang anak -anaknya kuliah di Mataram, sehingga lalu lintas dari dan ke daerah selatan cukup ramai, namun armada angkutan umumnya terbatas, sehingga jika ingin mengirim paket barang kepada anaknya biayanya mahal, inilah yang dikeluhkan masyarakat disana,” ungkap Rafiq, Senin (13/02/2023).

Lanjutnya, alangkah bagusnya jika PO DAMRI bersama Dinas Perhubungan Kabupaten maupun Provinsi NTB dapat melakukan kajian sehingga jalur selatan di kecamatan Lantung dan Ropang dapat diakomodir untuk diakses sehingga dapat memudahkan masyarakat.

“Bus DAMRI ini ada untuk melayani daerah terpencil terluar, dan wilayah Selatan termasuk daerah yang terluar sumbawa. Hajat Pemerintah Pusat dalam layanan angkutan perintis ini melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Damri dapat menjalankan fungsinya sebagai “agent of development” Jelas Rafiq.

Harapan keberadaan angkutan perintis ini benar-benar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap mobilitas masyarakat di wilayah 3TP. Hadirnya transportasi akan sangat menunjang aktivitas masyarakat yang secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat sumbawa, pungkasnya. (msx/*Kerjasama Publikasi Media Bagian Humas Sekretariat DPRD dengan Media Sumbawa )

Komentar