DUNIA PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL, AKANKAH PERAN GURU  TERGANTIKAN?

Opini241 views

Oleh: Muhammad Amin, S. Pd.

Sekolah pascasarjan manajemen inovasi

Universitas Teknologi Sumbawa

Dunia saat ini sudah memasuki era yang sangat moderen, yakni era diman semua lini serba cepat dan singkat. Baik itu dalam dunia transportasi, restoran, pelayanan bahkan pendidikan sekalipun. Dengan era serba digital saat ini akan memberikan dampak positif bagi dunia yang membutuhkan tenaga yang sangat super cepat ini. Namun disisi lain dengan dialihkannya tenaga manusia di gantikan dengan tenaga robot atau mesin akan menjadi masalah khususnya bagi pemerintah. Karna akan menambah pengangguran di semua kalangan khusus nya dunia kerja. Dan  ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi siapun untuk meningkatkan kemampuan dan selalu menambah pengalaman khausunya di era seraba digital sekarang ini. Pertanyaanya apakah peran guru juga akan tergantikan?

Pendidikan saat ini khausunya di Indonesia sudah memasuki era baru yakni era digital diman era ini cara guru tidak lagi menonton dalam mengajar, dimana era ini kreativitas seorang pendidik harus terus berkembang dimana media belajarnya tidak lagi bergantung pada sebuah buku yang berbentuk fisik dikarenakan adanya E-book dimana era ini sebuah informasi hanya hitungan menit bahkan detik.

Dengan pembelajaran saat ini tidak lagi hanya dilaksanakan di dalam kelas melulu, tapi sudah berpindah ke kelas digital yang bernama daring yang mana tugas, ualangan ataupun tatap muka bisa dilakukan secara online. Sehingga pada prinsipnya jika seorang pendidik tidak siap dengan perkembangan zaman sekarang ini, maka dia akan tergerus atau hanya menumpang kepada orang yang memiliki pengetahuan yang lebih terhadap informasi di era digital sekarang ini. Namain demikian apapun bentuk dari modernisasi tidak akan mungkin menggantikan peran seorang guru dalam mendidik, karena hanya seorang gitulah yang memiliki rasa kasih sayang, rasa cinta serta rasa perhatian yang tinggi terhadap peserta disiknya yang tidak mungkin dimiliki sekelas mesin atau robot sekalipun. Dengan demikian peran seorang guru akan tetap bertahan dan dibutuhkan untukberikan kasih sayang, rasa cinta kepada peserta didiknya sampai kapanpun bahkn selamnya.

Komentar