Pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong Mulai Terlaksana

Sumbawa128 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pelabuhan Tanjung Santong yang terletak di Desa Teluk Santong Kecamatan Plampang, akhirnya mulai dilaksanakan pembangunannya pada Rabu (11/1). Hal itu ditandai dengan dilaksanakannya ground breaking oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI, Arief Prasetyo Adi, didampingi Gubernur NTB dan Bupati Sumbawa.

Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya menjelaskan, Kabupaten Sumbawa memiliki potensi alam yang sangat besar. Sehingga perlu ada infrastruktur yang memadai dalam mendukung pengembangan potensi tersebut. Sumbawa saat ini memiliki Pelabuhan Badas, namun kondisinya tidak memungkinkan untuk dilakukan perluasan.

Dengan begitu, lanjut Bupati Sumbawa, pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong dianggap sebagai solusi yang tepat dan telah dinanti masyarakat Sumbawa. “Kami berharap proses pembangunan pelabuhan ini dapat segera dimulai, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah meenyatakan, Pelabuhan Tanjung Santong diharapkan dapat mengatasi persoalan harga komoditas pertanian dan peternakan bagi masyarakat NTB. Apalagi pelabuhan ini rencananya dibangun dengan kapasitas yang cukup besar.

Sementara, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengaku akan mengupayakan percepatan pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong. Ia menargetkan pembangunannya akan memakan waktu sekitar 10 bulan.

Meenurutnya, keberadaan Pelabuhan Tanjung Santong ini nantinya dapat menambah mobilitas distribusi hasil pertanian dan peternakan masyarakat Sumbawa signifikan. (MSP)

Komentar