Wabup Ajak Siswa SMPN 1 Sumbawa Jauhi Narkotika

Pendidikan227 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, bertindak sebagai pembina upacara bendera di SMP Negeri 1 Sumbawa Besar, Senin (9/1). Upacara tersebut diikuti seluruh guru dan siswa SMP Negeri 1 Sumbawa Besar.

Dalam amanatnya, Wakil Bupati menyampaikan bahwa upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin tidak hanya untuk mematuhi tata tertib sekolah, tetapi mengikuti upacara juga memiliki manfaat baik, yakni memupuk kedisiplinan seluruh warga sekolah.

Selain itu, dikatakan Wabup, upacara bendera juga merupakan ajang untuk membudayakan praktik-praktik baik di lingkungan sekolah seperti memupuk jiwa nasionalisme, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, dan membentuk karakter pada diri para siswa, sebab sekolah merupakan tempat yang ideal untuk menumbuhkembangkan pendidikan karakter bagi siswa. “Agar pendidikan karakter dapat berkembang dengan baik, kuncinya membutuhkan teladan yang jelas dan benar dari guru dan orang tua. Sebagai pendidik, guru berkewajiban untuk membentuk kepribadian, dan akhlaq yang baik bagi para siswa,” harap Wabup.

Pada kesempatan tersebut, Wabup juga berpesan agar dalam pergaulan para siswa baik di luar maupun di dalam lingkungan sekolah untuk menjauhi hal-hal negatif seperti menyalahgunakan narkotika. Sebab selain melanggar hukum, penyalahgunaan narkotika juga dapat merugikan diri sendiri dan merusak masa depan.

Hj. Novi mengatakan, peredaran narkotika di kalangan generasi muda Sumbawa saat ini cukup memprihatinkan, karena itu para guru dan orang tua dihimbau untuk memberikan perhatian dan bimbingan khusus kepada para siswa. “Berikan anak kita rasa cinta dan kasih sayang serta kepedulian yang tinggi agar mereka tidak terjerumus kepada hal-hal negatif, terutama penyalahgunaan narkotika,” tutup Wabup. (MSP)

Komentar