Sadar K3 Saat Bekerja, Pelabuhan Badas Serahkan Bantuan APD

Sumbawa277 views

 

Sumbawa, Mediasumbawa.com –  Berkaitan dengan peningkatan kesadaran akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di kawasan Pelabuhan Badas dan sebagai bentuk komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Pelindo menggelar penyaluran program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di Pelabuhan Cabang Badas, serta sosialisasi terkait pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Badas, Selasa (13/12/2022).

Penggunaan APD sangat penting untuk mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja. APD berguna untuk mengurangi risiko paparan atau kontak dengan bahaya. Bahaya mungkin tidak dapat dihilangkan dengan menggunakan APD, tetapi risiko cedera dapat diminimalkan.

Dalam acara yang dilaksanakan di Aula Rapat RM Goa Sumbawa ini dihadiri oleh Bapak Edi Sofyan Gole selaku Kepala Balai Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Pulau Sumbawa, Bapak Anwar Musadat selaku perwakilan dari Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Badas, dan juga Ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Badas beserta timnya.

Regional 3 Pelindo Badas yang di wakili oleh Bapak Sugiono, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program TJSL ini merupakan bentuk kepedulian akan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Pelabuhan Badas, selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran akan K3 dalam bekerja dan menjadikannya budaya yang harus dilaksanakan secara terus menerus tanpa mengenal waktu.

Pengusaha/pengurus dan pekerja harus memahami jenis dan fungsi APD, kewajiban yang harus dilaksanakan terkait APD, manajemen APD, dan hal penting lainnya mengenai APD di tempat kerja oleh karenanya budaya baik ini perlu ditumbuhkan dan diperhatikan bersama.

“Semoga melalui program penyaluran ini bisa meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan keselamatan kerja sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman ketika bekerja khususnya di Pelabuhan Badas, dan semoga APD yang diberikan dapat bermanfaat untuk ke depannya.” imbuhnya.(MS/P/*)

Komentar