Ketua DPRD Apresiasi UPT Museum Daerah Berkolaborasi dengan Komunitas Seni

Sumbawa141 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa – Abdul Rafiq melakukan kunjungan ke stand UPT Museum Daerah yang ada di lingkungan Istana Dalam Loka, pada Sabtu (29/10). Ia menyaksikan lukisan dan miniatur Istana Dalam Loka, termasuk beberapa souvernir hasil dari kelompok Komunitas Seni.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas karya pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Sumbawa, dan berterima kasih kepada UPT Museum Daerah yang mampu mengakomodir dan berkolaborasi dengan kelompok Komunitas Seni. “Kami berikan apresiasi kepada UPT Museum Daerah yang mampu membangun kolaborasi dan mengakomodir karya Kelompok Komunitas Seni yang ada,” kata Rafiq yang juga Ketua Ikatan Keluarga Lombok Sumbawa ini.

Rafiq juga mengaku akan mensupport kegiatan museum, tentu dengan anggaran dari APBD. Ia menyebutkan, prioritas pembangunan UPT Museum Daerah tentunya berkaitan erat dengan pengembangan kualitas karya Kelompok Komunitas Seni serta tenaga pengelola UPT Museum Daerah.

Untuk, lanjut Rafiq yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Sumbawa ini menegaskan, peningkatan kualitas pembinaan menjadi penting bagi pengembangan museum daerah kedepan. “Demi peningkatan kualitas pembinaan dan karya pelaku ekonomi kreatif, support dari berbagai pihak diperlukan. Tampilan produk yang ada cukup bagus, tinggal dikembangkan lagi menjadi lebih banyak dan kualitasnya juga bagus. Nilai jualnya produk akan tercipta manakala produk yang ada memenuhi standar karya yang bermutu, kita harapkan  arah kebijakan pembinaan SDM pada  tahun 2023 juga dilakukan pada kelompok ekonomi kreatif dan komunitas seni ini,” terangnya.

Selain itu, sambung Rafiq, alokasi anggaran tentunya harus tersedia. Kebutuhan SDM yang kompeten dalam pengembangan  UPT Museum Daerah sangat diperlukan. Terlebih dengan program UPT Museum Goes to school pasti butuh dukungan tenaga yang cukup banyak serta kelengkapan prasarana lainnya. “Intinya keberpihakan kebijakan kepada UPT Museum Daerah dan program kerjanya harus ada,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa –  Sutan Syahril menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPRD Sumbawa yang menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke stand Museum. “Kami juga membagikan souvernir gantungan kunci berupa bentuk serune, berang (parang) secara gratis kepada pengunjung stand,” pungkasnya. (msg)

Komentar