Pemda Sumbawa Peringati Hari Santri Nasional Tahun 2022

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemda Sumbawa menggelar upacara pada Sabtu (22/10) di halaman kantor Bupati Sumbawa. Ini dilakukan dalam memperingati Hari Santri Nasional tahun 2022. Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah bertindak sebagai Pembina Upacara, hadir pula Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, Sekretaris Daerah, Asisten, Kabag, OPD terkait, Ustad, Ustadzah dan para santri yang mengikuti upacara.

Dalam sambutan tertulis Menteri Agama Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh Bupati Sumbawa disampaikan, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Revolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Revolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik 10 November 1945 yang diperingati sebagai hari Pahlawan. Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini mengangkat tema “Berdaya, Menjaga Martabat Kemanusiaan ”

Maksud tema tersebut adalah santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia, ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak titik santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Dulu, ketika Indonesia masih dijajah, para santri turun ke medan laga berperang melawan penjajah menggunakan senjata bambu runcing yang terlebih dahulu di doakan Kyai Subchi Parakan Temanggung,  mereka tidak Gentar melawan musuh di Surabaya. Pada masa ketika Indonesia sudah memproklamirkan diri sebagai negara yang merdeka, Kyai Haji Wahid Hasyim Ayah Kyai Haji Abdurrahman Wahid adalah salah satu santri yang terlibat secara aktif dalam pemerintahan di awal-awal kemerdekaan ialah bersama santri-santri dan tokoh agama lainnya turut memperjuangkan keselamatan umat agama di Indonesia.

Pasca kemerdekaan Indonesia santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan Ibu Pertiwi, mereka tidak asik dengan diri sendiri tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan. “Melalui momen upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, Kyai, santri yang telah Sahid di medan perang demi keselamatan bangsa dan agama semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah,” tuturnya. (ms)

Komentar