Tidak Terawat, Dewan Soroti Kondisi RSUD Sering

Ekonomi126 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com- Meski pembangunan RSUD Sering, Kabupaten Sumbawa belum rampung 100 persen. Namun demikian sebagaian ruangan telah digunakan untuk pelayanan kesehata dengan  kondisinya sangat memprihatinkan dan tidak terawat.

Ketua Fraksi PKS DPRD Sumbawa, Adizul Syahabuddin, SP,. M.Si,. dalam keterangannya kepada media ini saat berkunjung ke RSUD Sering, Rabu (19/10/2022) menyoroti kondisi ruangan RSUD yang tidak terawat seperti rusaknya fasilitas penunjang. Seluruh AC yang berada di ruangan RSUD Sering tidak ada satupun yang berfungsi dan bahkan petunjuk arah ruangan bagi pengunjung yang datang menjenguk keluarganya juga tidak ada.

“Hampir seluruh ruangan ada AC nya namun tidak satupun yang berfungsi. Ini jangankan orang sakit tidak bertambah sakit, kami yang sehat bila datang berkunjung bisa-bisa pulang menjadi sakit, ditambah lagi RSUD Sering lebih banyak tempat menangani penyakit menular,” ujar Adizul.

Bila AC tidak berfungsi kata Adizul, semestinya dibuatkan pentilasi di setiap ruangan. Jangan buat ruangan seperti ber AC tetapi AC nya tidak ada satupun yang berfungsi sebab hal ini akan membuat pasien bukannya cepat pulih tetapi akan bertambah sakit.

“Di dalam ruangan tidak ada sirkulasi udara hanya ada fasilitas kipas angin sementara kita tau kipas angin hanya memutar udara yang ada di ruangan saja,” jelas Adizul.

Terkait kondisi tersebut, Adizul berharap kepada komisi IV DPRD Sumbawa dapat turun langsung meninjau kondisi RSUD Sering dan bisa mengusulkan pengadaan AC di tahun 2023 mendatang mengingat sebentar lagi akan pembahasan APBD Tahun 2023.

“Kalau tidak bisa difungsikan AC nya minimal dibuatkan ventilasi agar kondisi ruangan dan lorong rumah sakit tidak pengab dan panas,” harap Adizul.

Selain itu, Adizul juga meminta kepada Direktur RSUD Sumbawa jangan hanya diam saja begitu juga dengan Kepala Dinas Kesehatan agar segera turun meninjau kondisi RSUD Sering agar dapat mengetahui fakta yang ada.

“Sekali-kali Direktur RSUD dan juga Kadis Dikes turun dong lihat kondisi RSUD Sering agar pasien yang datang berobat dapat terlayani serta ditangani dengan baik dan nyaman,” pungkas Adizul. (MS/N)

Komentar