Raih WTP 10 Kali, Sumbawa Dapat Penghargaan dari Menteri Keuangan

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com –Keberhasilan Kabupaten Sumbawa meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Sumbawa sebanyak 10 kali berturut-turut, sejak tahun 2012 hingga 2021, patut diacungi jempol. Sehingga Menteri Keuangan RI memberikan penghargaan kepada Kabupaten Sumbawa, karena mampu mempertahankan predikat tersebut.

Piagam Penghargaan itu diserahkan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB – Sudarmanto mewakili Menteri Keuangan RI, dan diterima oleh Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah, pada Senin (17/10) di aula H. Hasan Usman lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa.

Haji Mo – sapaan akrab Bupati dalam sambutannya mengapresiasi Kementerian Keuangan RI yang telah memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa atas raihan opini WTP sebanyak 10 kali berturut-turut. Dimana plakatnya telah diterima secara langsung di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI di Jakarta pada 22 September lalu.

Meski Kabupaten Sumbawa telah mendapat opini WTP 10 kali berturut-turut, namun Bupati menyadari dan mengakui, masih terdapat kekurangan maupun kelemahan dalam pengelolaan keuangan daerah yang menjadi temuan pemeriksaan, baik dari sisi sistem pengendalian intern maupun kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. “Kami sangat berharap kepada Kementerian Keuangan RI khususnya Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB, agar dapat terus memberikan bimbingan dan arahan sehingga Pemerintah Kabupaten Sumbawa tetap dapat mempertahankan opini WTP,” tuturnya.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB – Sudarmanto, dalam sambutannya mengatakan, WTP bukan sekedar simbol atau plakat, tetapi menjadi bukti bahwa Pemerintah Daerah telah melaksanakan manajemen keuangan dengan baik. Pihaknya telah melakukan evaluasi dalam dua tahun terakhir, manajemen keuangan Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam keadaan clear, bersih dan tidak ada kesalahan material.

Pada kesempatan itu, Sudarmanto juga memaparkan kinerja APBN, diantaranya kinerja penyaluran DAK Fisik Provinsi NTB sampai dengan 30 September 2022 yang berada pada peringkat 1 nasional. Adapun kinerja peyaluran DAK Fisik Kabupaten Sumbawa sebesar 133,94 milyar atau 82,51 persen, berada pada peringkat 2 dari 10 kabupaten/kota se-Provinsi NTB. (msg)

Komentar