Bupati Sumbawa : E-Parking Upaya Optimalisasi PAD

Ekonomi207 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyambut baik dan mengapresiasi hadirnya Portal E-Parking di Pasar Seketeng Sumbawa Besar. “Ini sebagai salah satu cara mengoptimalkan PAD, dari retribusi parkir yang selama ini ditengarai banyak kebocoran”, sebutnya setelah melaunching secara resmi Portal E-Parking di Pasar Seketeng Sumbawa Besar, Rabu (12/10/2022 ) pagi

Dikatakan Bupati Sumbawa, Pemda  menerapkan E-Parking sebagai wujud pelayanan yang berkualitas, transparan dan akuntabel, serta memberikan rasa keadilan bagi masyarakat penerima manfaat jasa parkir. ‘’E-Parking juga sebagai bentuk optimalisasi pendapatan asli daerah dari sektor retribusi parkir,’’ sebut Bupati.

Selain itu H. Mo sapaan akrab Bupati Sumbawa, tujuan diterapkannya sistem E-Parking ini adalah untuk mendorong masyarakat menggunakan ruang parkir secara bijak, meminimalisir potensi pungutan liar yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, serta meningkatkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Setelah dilaunchingnya E-Parking, Bupati juga berharap, layanan parkir dapat terus diperbaiki, mulai dari marka parkir hingga petugas parkir yang harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggannya. “Ini merupakan proyek percontohan dan pertama untuk pasar tradisional di NTB, sambil kita menyempurnakan dan melengkapi semua proses regulasinya”, pungkas Bupati.

Terdapat 4 portal E-Parking yang terbangun di Pasar Seketeng Sumbawa Besar, yang terdiri dari 2 portal di pintu masuk dan 2 portal di pintu keluar, dan disediakan 1 pintu darurat untuk jalur keselamatan apabila terjadi bencana seperti gempa bumi, kebakaran dan lain – lain.(MSX/*)

Komentar