Tiga Desa Pelaksana Pilkades Segera Gelar Seleksi Tambahan

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Sebanyak 20 Desa di Kabupaten Sumbawa dalam tahun ini akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Dari jumlah itu, tiga Desa diantaranya bakal melaksanakan seleksi tambahan untuk penetapan bakal calon Kades.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbawa melalui Kabid Administrasi Pemerintahan Desa – Anhuyas kepada wartawan, Senin (10/10) di ruang kerjanya. Tahapan Pilkades yang dilakukan saat ini adalah penelitian administrasi bakal calon. Ini akan berlangsung hingga 12 Oktober mendatang. “Setelah itu tanggal 13 Oktober baru kemudian diumumkan hasilnya,” terang Uchas sapaan akrabnya.

Dilanjutkan, pada 14 Oktober dilaksanakan seleksi tambahan bagi tiga Desa yang jumlah pendaftarnya lebih dari lima orang. Seperti Desa Kakian 6 orang pendaftar, Desa Mokong 8 pendaftar dan Labuhan Jambu 11 pendaftar. “Ada beberapa tes yang dilakukan untuk seleksi tambahan ini. Nanti lima orang yang akan diambil sebagai bakal calon Kades,” ungkapnya, seraya menambahkan, dalam seleksi tambahan ini panitia bekerjasama dengan pihak ketiga sebagai tim seleksi.

Diungkapkan, penetapan calon Kades di 20 Desa dilakukan pada 17 Oktober mendatang. Sekaligus mengambil nomor urut calon. Baru pada 18 Oktober diumumkan ke masyarakat. “Dihimbau kepada panitia agar saat pengambilan nomor  bisa undang berbagai pihak, terutama pihak keamanan. Supaya kegiatan berjalan aman dan lancar,” tuturnya.

Sementara untuk masa kampanye berlangsung tiga hari yakni 25 hingga 27 Oktober 2022. Selanjutnya masuk masa tenang, dan pada 2 November hari pencoblosan. “Kampanye berupa dialog, tatap muka, pertemuan terbatas, pemasangan alat peraga, dan lainnya. Ini yang diatur dalam regulasi,” pungkasnya. (msg)

Komentar