Polres Sumbawa Segera Gelar Operasi Zebra Rinjani 2022

Sumbawa Besar, NTB – Polres Sumbawa menggelar Lat Pra Operasi Rinjani Tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan terpusat di tenda putih lapangan Wira Satya Polres Sumbawa, Jumat (30/09/2022) pagi. Lat pra ops dipimpin langsung oleh Kapolres Sumbawa AKBP Henry Novika Chandra S.I.K, MH

Kapolres Sumbawa AKBP Henry Novika Chandra, S.IK., M.H menyampaikan, selaku kapolres Sumbawa ia mengingatkan bahwa kegiatan kepolisian ada 2 yaitu operasi rutin dan operasi khusus. Untuk operasi khusus memiliki kegiatan tertentu, latja ops tertertu, dibatasi waktu tertentu dan anggaran tertentu.

Target Ops dan metode strategi sesuai dengan yang sudah di rencanakan atau yang sudah di laksanakan, dapat diketahui Lantas memiliki beberapa operasi yang penindakan dan edukasinya berbeda seperti halnya saat ini akan melaksanakan operasi zebra rinjani2022 dengan represif 75 % dan edukasi 25 %.

“Bahwa di sampaikan kepada para penanggung jawab di wilayah masing masing memberikan arahan dan tetap melakukan monitoring terhadap anggotanya. Agar dalam pelaksanaan operasi untuk lebih memperhatikan cara bertindak secara humanis ( senyum, sapa dan salam ) dan tetap menggunakan body sistem,” ungkapnya.

KBO Intelkam Polres Sumbawa IPDA L. Eka Prahardian, S.Ap., menyampaikan bahwa dalam rangka pelaksanaan operasi mandiri kewilayahan zebra rinjani 2022 yang akan dilaksanakanmulai tanggal 3 oktober s/d 16 Oktober 2022, dengan mengedepankan fungsi Lantas dalam rangka cipkon situasi kamseltibcar lantas menjelang natal tahun 2022 dan tahun baru 2023 pada masa pandemi covid 19.

Menurutnya, sasaran ops zebra rinjani 2022 meliputi seluruh wilayah kab. Sumbawa yang terdiri dari 24 kecamatan yang mana merupakan rawan sering terjadinya pelanggaran lalu lintas , kemacetan lalu lintas , kecelakaan lalu lintas dan balapan liar.

Kasat Lantas Polres Sumbawa IPTU Samsul Hilal, S.H., menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaan operasi masing masing satgas dibagi  menjadi satgas preemtif, satgas preventif, satgas gakum dan satgas banops , diharapkan pada rekan rekan semua menjalankan tugasnya sesuai dengan satgasnya.

Agar dalam pelaksanaan kegiatan para personil tidak terpaku hanya kepada giat razia atau 21 saja  melainkan setiap personil tetap aktif dan berperan dalam mensukseskan operasi zebra rinjani 2022 seperti membagi stiker, brosur kepada pengguna jalan atau masyarakat dan menyiapkan sepanduk atau baleho yang inovatif dan kreatif kepada masyarakat kab. Sumbawa.

“Kegiatan ops zebra rinjani ini kita laksanakan dalam hal cipkon yang 3 bulan lagi akan ada perganrian tahun dan malam natal sehingga kita dapat mencegah kerawanan kerawanan yang dapat timbul dengan memaksimalkan tindakan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas,” pungkasnya.

Turut hadir pada acara Lat Pra ini, Wakapolres Sumbawa Kompol  Rafles P Giersang S.I.K., Kabag Ops Polres Sumbawa KOMPOL Sari Mukmin, S.H.Kemudian, Kasiwas Polres Sumbawa AKP I Komang Oka, Kasihumas Polres Sumbawa AKP Sumardi, S.Sos, Kasat Lantas Polres Sumbawa IPTU Samsul Hilal, S.H., Kasi Propam Polres Sumbawa IPDA Juni Muji Hartono., Kasubbag Dal Ops Bag Ops Polres Sumbawa AKP I Gusti Made Suardika., Kasubbag Kerma Bag Ops Polres Sumbawa IPTU Irawan., KBO Sat Lantas  Polres Sumbawa IPDA Edi juandi, KBO Sat Intelkam Polres Sumbawa IPDA L. Eka Prahardian, S.Ap., para Perwira dan anggota polres Sumbawa yang termasuk dalam operasi zebra rinjani 2022. (ms/HPs)

 

Komentar